Selasa, 10 Januari 2012

PENULIS CILIK-Menulis di Buku Harian atau Blog? (Materi 4)

Lanjutan dari Materi 3

Kamu boleh memiliki dua-duanya, kok. Karena ada tulisan yang kamu mungkin tidak mau orang lain membacanya dan ada tulisan yang justru kamu ingin orang lain tahu.

Buku harian bisa dalam bentuk buku untuk ditulis tangan, bisa juga file di komputermu. Kalau buku harianmu tidak ingin dibaca orang lain, kamu bisa memakai buku harian yang ada kuncinya. Kalau di komputer sih, tinggal pakai password aja.
Bagi kamu yang ingin tulisannya dipublikasikan di internet, kamu bisa memilih cara dengan menulis di blog. Beberapa penyedia akun blog seperti Tumbler, Blogspot dan Wordpress bisa kamu temukan di internet dengan searching di Google.
Saat kamu sudah masuk ke laman blog yang kamu inginkan, biasanya kamu ditawari untuk registrasi atau daftar. Syarat-syaratnya pun cukup mudah. Kamu harus punya alamat email dan mengisi formulir biodata. Begitu kamu disetujui memiliki akun blog, kamu bisa langsung mengisinya dengan berbagai tulisan, foto, video dan berbagai fasilitas yang disediakan.
Blog selain bisa digunakan untuk hal-hal seperti yang telah disebutkan di atas, kamu juga bisa mempercantiknya dengan theme yang sesuai dengan kepribadianmu.
O, ya kamu juga bisa memberi musik latar buat blogmu. Jadi, begitu blogmu dibuka, maka suara nada dari musik atau lagu favorit yang sudah kamu setting di blogmu akan berbunyi. Wah, pokoknya asyik deh! Semua itu bisa kamu cari di internet.
 Tapi, ingat! Jangan karena keasyikan menghias-hias blog, lantas kamu lupa sama tujuan kamu menulis.

Bagaimana kalau nulisnya di note facebook saja?
Sebetulnya, kalau tujuannya hanya untuk menulis, itu tidak masalah. Hanya tentu fasilitas untuk menampilkan hasil tulisan kalah jauh dari blog. Di blog kita bisa menentukan jenis huruf (font), ukuran huruf, spasi, warna dan lain-lain.
Selain itu, kalau kamu membuka facebook, godaan untuk tidak jadi menulis pun lebih banyak. Mungkin karena kamu melihat banyak temanmu yang online, kamu malah jadi chatting deh!

Berlanjut ke Materi 5

Buku ini mengungkap tentang misteri Circle Crop!
Seru banget deh!

PCPK Petualangan Joanna, karangan Husna Salsabila
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih ya atas kunjungan dan komentarnya ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...