Minggu, 08 Januari 2012

Yuk, Biasakan Anak-anak Ibu Menulis


Menulis bisa menjadi cara lain dalam mengungkapkan perasaan. Menulis juga melatih anak dalam mengungkapkan suatu gagasan yang ada di benak mereka. Tidak perlu panjang-panjang. Cukup menuliskan dua atau tiga kata saja, untuk permulaan itu sudah cukup. Yang penting rutin.

Misalnya:

  • Hari yang menyenangkan
  • Punya baju baru
  • Besok mau ke Bandung
  • Dll.

Supaya mereka mau menulis, sediakan buku diari yang menarik hati mereka. Beri mereka reward seminggu sekali dengan tanda bintang kalau dalam seminggu mereka hanya bolos sehari dari menulis. Lalu beri mereka reward sebuah buku bacaan, mainan, alat tulis dll. kalau mereka dapat 4 bintang. Sepakati dulu standar harga hadiahnya supaya mereka tidak menuntut hadiah yang terlalu jauh dari jangkauan keuangan kita.

Selanjutnya, beri mereka dorongan untuk memperpanjang tulisannya. Misalnya bercerita (mendeskripsikan) tentang kelucuan adik, model baju baru, kekesalan ke teman, dll.

Kita memang jangan memaksa mereka. Segala sesuatu yang dikerjakan dengan keterpaksaan pasti hasilnya tidak baik. Oleh karena itu, pintar-pintarlah ibu membujuknya (memotivasinya) heheh…

Kalau anak Ibu sudah menemukan kesenangan menulis, misalnya dia merasa senang dapat hadiah, merasa lega karena karena sudah menumpahkan perasaan, percaya deh, tanpa disuruh pun, mereka pasti menulis.

Nah, selamat mempraktikkan…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih ya atas kunjungan dan komentarnya ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...