Sabtu, 14 April 2012

Riset Data untuk Novel



Buku-buku di atas adalah buku-buku yang aku gunakan saat membuat novel dengan setting negeri Korea. Aku menyadari, saat menulis novel aku tidak bisa membuat bahasa-bahasa puitis. Oleh karenanya aku mencoba kekuatan novelku di setting dan tentu saja konflik dan alur. 

Untuk menghasilkan setting yang betul-betul terasa nyata, salah satu caranya adalah dengan riset data. Lihat saja buku-buku di atas. Aku punya novel yang bersetting Korea, catatan traveler ke Korea, beasiswa di Korea, mahasiswa di Korea, sampai kamus percakapan bahasa Korea.

Di luar itu, aku browsing berbagai situs yang berhubungan dengan Korea di internet paling sedikit 50 situs. Aku mendata nama-nama orang korea, makanan populernya, kebiasaan masyarakatnya, artis-artisnya, kendaraannya, jalur lalu lintasnya, tempat-tempat populer dan lain-lain. Pokoknya aku ingin novelku "Korea" banget.

Begitu pula saat aku menulis novel dengan setting Afrika. Aku browsing data di internet. Aku cari data negara-negara di Afrika sesuai dengan alur cerita yang aku rencanakan. Setelah ketemu yang cocok, aku cari foto-fotonya dan aku tentukan di mana sang tokoh tinggal, bagaimana bentuk rumahnya, bagaimana lingkungannya, dan lain-lain. Supaya sang tokoh terasa hidup, aku pun mencari foto untuk contoh profil tokoh utama dan tokoh pendukung yang disertai karakter yang aku ciptakan. Dengan cara seperti itu, kita bisa lebih membayangkan perjalanan sang tokoh dalam menjalani alur dari cerita yang kita buat.

Ide riset data ini berawal dari melihat anakku, Husna yang rajin sekali surfing blog. Dia tahan berjam-jam membaca berbagai blog. Salah satu blog favorit dia adalah "Blog Misteri Enigma". Husna keranjingan sekali dengan berbagai cerita mengenai misteri alien dan crop circle. Sampai akhirnya Husna membuat novel "Petualangan Joanna" yang isinya menceritakan misteri crop circle tersebut.

Ternyata ide tentang crop circle itu tidak cukup, maka mulailah aku membantu Husna mencari data yang lain yaitu tentang ubi jalar. Pengerjaan novel Husna ini berbarengan dengan novel Maryam yang Piza Pizi Veronica. Di novel Piza Pizi Veronica, Maryam memunculkan setting tempat sebuah planet penghasil batu-batuan dan mineral. Maka di situ pun aku membantu Maryam riset tentang berbagai batuan dan mineral.

Selama riset data, aku mengantar anak-anak ke perpustakaan. Kemudian menemani anakku berdiskusi, memilah dan memilih data apa saja yang cocok dan akan dimasukkan ke bagian mana di novelnya. Sehingga hasilnya menjadi sebuah novel yang menarik dan  "berisi".

Yang lucu pada saat pembuatan novel kedua Maryam yaitu Math Garden. Aku mengumpulkan buku pelajaran matematika dari kelas 1 sampai 6 SD untuk dipilih oleh Maryam, kasus matematika mana yang akan dimasukkan ke novelnya.

Nah, sedangkan untuk novel Husna yang Mysterious Egypt, aku harus mengeluarkan isi kocek untuk membeli ensiklopedi tentang mumi yang harganya cukup mahal ini dan sebuah novel yang berlatar Mesir Kuno seperti setting yang akan digunakan Husna di novelnya tersebut. Namun ya sudahlah. Yang penting kan berbuah buku lagi hihi...























































Nah, itulah pengalamanku saat riset data untuk penulisan novel. Sayang, karena kendala teknis dan menunggu waktu, novel-novelku belum bisa terbit. Tapi, mudah-mudahan sih tidak lama lagi. Insya Allah. Amiin....

6 komentar:

  1. waaahhh ... senengnya putri2nya pada serius nulis, mba :)
    layak didukung, lanjutkan hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih Mbak Marisa, alhamdulillah hehe... Makasih yah atas dukungannya dan sudah bersedia mampir ke blogku :)

      Hapus
  2. alhamdulilah dapt pencerahan neech....giman riset novel tuuuh ...lage mau surf setting palembang mba.... moga dapat ke"ciprat"an ilmunya heheheh....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wow, seneng banget kalau tulisanku bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya ya. Semoga riset palembangnya lancar dan berujung sukses ya! :)

      Hapus
  3. Salam kenal mb,,,
    boleh ga nih sharing tentang menulis dg mb..
    kayaknya sy perlu belajar dg yg udh berpengalaman...
    sy lg belajar nulis..

    BalasHapus
  4. Salam kenal juga mbak Cici... :)

    Mau sharing tentang menulis, hayuk bareng2. Sy jg masih belajar, kok :)

    BalasHapus

Terima kasih ya atas kunjungan dan komentarnya ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...