Silakan inbox bagi yg ingin pesan + ttd penulis

Silakan inbox bagi yg ingin pesan + ttd penulis
Buku Tulisan Yas Marina

Selasa, 01 Januari 2013

Hanya Utk Dibaca: Tanya Jawab Ttg Ketentuan Naskah Novel, Kumpulan Cerpen dan Komik KKPK

Adik-adik calon penulis,

Karena thread di sini sudah lebih dari 200 komentar, biasanya komentar jadi nggak muncul.
Bagi adik-adik yang ingin berkomentar dan bertanya mengenai :

Ketentuan Naskah Novel, Kumpulan Cerpen dan Komik KKPK 

Silakan buka link ini:


http://dewiyasmarina.blogspot.com/2013/05/ketentuan-naskah-novel-kumpulan-cerpen.html

Bagi yang ingin baca-baca thread di link ini, silakan. Tapi untuk postingan, mulai saat ini sudah ditutup. Jadi mohon maaf kalau komentar dan pertanyaan adik-adik tidak Kakak respon ya :)

Salam,

Yas Marina

from Yas Marina

202 komentar:

  1. Saffanah Nadhrah y. ( Nadhrah)6 Jan 2013 11.20.00

    kak, kata kkk kan, nyari di sini, kalau mau nanya lagi. ya sudah. saya mau nanya. memangnya, kita harus buat no. halamannya. bukannya, dar!mizan yang akan membuatkanannya?
    tmksh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nomor halaman di naskah untuk memudahkan editor membaca naskah kita. Jadi kalau sampai berceceran, ada petunjuk untuk menyusunnya kembali.

      Hapus
    2. Kak aku umurnya kan baru 12 tahun,bentar lagi aku akan naik umurnya jadi 13 tahun,jadinya gmna kak klo msalnya aku ingin buat novel karyaku sendiri,tapi masalahnya kak ak umrnya 12 jaalan jadi gmn??

      Hapus
  2. Saffanah Nadhrah y. ( Nadhrah)6 Jan 2013 11.22.00

    oya, kak! bukannya minimal 35 lmbr?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kakak dapat informasi terbaru, minimal 40 halaman.

      Hapus
    2. salsa billa nur sp.8 Mar 2013 13.09.00

      kak aku mau nanya kalo judul buka nya di tentuin dari kita atau dari kakak?

      Hapus
    3. Kita usahakan cari judul yang menarik. Nanti penerbit akan mempertimbangkan apakah judul bikinan kita akan tetap dipakai atau diganti.

      Hapus
    4. Gimana dong kak ,aku ingin mencoba mengirimkan cerita novel aku,tapi aku umurnya sudah 12 jalan kak,gmn mnurut kk bls ya ka???

      Hapus
    5. Untuk yg umur 12 tahun, sebaiknya ngirim utk PBC aja.

      Hapus
  3. kak kalo tokoh2 nya bukan org indo sama settingnya gak di indo tapi pake bahasa indo boleh gak? kaya novel terjemahan gitu tuh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh. Buku tulisan Kakak juga cerita tentang anak Korea di Korea tapi pakai bahasa Indonesia :)

      Hapus
  4. Kak, klo ngirim foto, ukuran foto.a brp.???

    BalasHapus
  5. Balasan
    1. 5R itu 5 x 7 inch. Ya kak?

      Hapus
    2. Aduh, kalo itu. Kakak nggak tahu, Dina :D
      Tanyain ke tukang foto aja ya.

      Hapus
  6. gambar untuk ilustrasi PBC boleh diwarnai gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarya ilustrasi novel itu sudah disediakan oleh penerbit. Jadi tidak ada ketentuannya mengenai gambar ilustrasi.

      Hapus
  7. Kak, kalau udh trlanjur bwt hnya smpe 35 lmbr, itu kmungkinan ditrima atw gk???

    BalasHapus
  8. Sebaiknya ditambahin aja. Kalau keburu dikirim, coba kirim ulang lagi.

    BalasHapus
  9. lo kata kakak di blog sebelumnya boleh pake ilustrasi sendiri kok?? (tp tetap dipertimbangkan :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksud Kakak begini, kalau kamu mau menyertakan gambar ilustrasi untuk novelmu, mungkin penerbit akan mempertimbangkan apakah akan memakai gambarmu atau tidak. Tentu dengan syarat naskah novelmu sudah dianggap lolos terbit.
      Jadi jangan sampai kita sudah susah-susah menggambar, tapi naskah novel kita dianggap tidak layak terbit. Sebaiknya fokuskan saja dulu pada pembuatan naskah yang bagus.
      Kalau naskah kita sudah dianggap bagus oleh penerbit dan dinyatakan lolos untuk terbit, baru kita sampaikan ke penerbit, boleh atau tidak novel kita yang sudah layak terbit itu memakai gambar yang dibuat oleh kita sendiri.
      Nah, itu yang dimaksud dengan 'dipertimbangkan' apakah gambar kita cukup layak untuk menjadi ilustrasi novel kita?
      mudah-mudahan paham ya :)

      Hapus
    2. ok kak.. jelas kok.. :))

      Hapus
    3. kak aku mau tanya . misalnya kita bikin novel , trs kita gk bisa gambar tokohnya , itu gimana ya ?? apa bisa dibantu ??
      @reza lucia daneswara

      Hapus
  10. Kak, kalau naskahnya ada yang sedikit berantakan kita harus benerin dulu atau nanti di perbaiki Pihak DAR Mizan -nya?
    Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kamu sudah tahu naskahnya berantakan, sebaiknya dirapihkan aja dulu. Editor dari penerbit pasti lebih semangat membaca naskah yang rapi.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

      Hapus
    3. Kita kirim sama Ucapan Terimakasih, Sinopsis dan Foto? Atau ada lagi?

      Hapus
    4. Dina baca lagi postingan Kakak di atas ya. Udah kakak perbaiki. Kalau ada yang kurang jelas silahkan tanyakan lagi :)

      Hapus
    5. Kalau naskah digitak itu file hasil dari komputer yang dikirim melalui email?

      Hapus
    6. Naskah digital itu, file naskah yg di-save ke CD. Nanti CD-nya dikirim bersama naskah yg udah diprint dan persyaratan lainnya.

      Hapus
    7. Paling banyak 45 halaman ya kak? atau paling sedikit?

      Hapus
    8. Paling banyak 45 halaman.

      Hapus
  11. kak kalo kata pengantarnya nanti buat sendiri ta?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak, paling ucapan terima kasih.

      Hapus
  12. Kalau Tokoh Gambar Nya Bisa Disarankan? ya seperti memakai baju bewarna biru atau semacamnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya penggambaran tokoh untuk ilustrasi sampul? Itu biasanya bisa didiskusikan dengan editor setelah naskah disetujui penerbit untuk diterbitkan.

      Hapus
  13. Saffanah Nadhrah y. ( Nadhrah)12 Jan 2013 10.12.00

    kak, saya mau nanya. di blog yg dulu, kan, kakak bilang, kalau misalnya, ada seseorang yg ingin menulis. itu pake pristina boleh kan? lalu bisa dihias memakai apa, ya, kak? kakak pernah bilang, dan jelasin. tapi, saya lupa!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai 'borders' aja di 'page layout'.

      Hapus
  14. Kak, klo pengantar orang tua gimana, tuh???? Pengantar orang tua itu dikirim ketika mengirim naskah, atw ketika naskah sudh dinyatakan terbit???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ke KKPK, biasanya barengan sama naskah.

      Hapus
  15. kak, kan pake font times new roman 12 pt... 12 pt itu apa sih? font sizenya brp? dan klo aku ngirimnya lebih dari 45 halaman blh nggak?
    makasih atas jawabannya ^_^

    BalasHapus
  16. pt itu ya font size.
    Kalau bisa sih diedit sendiri dulu biar bisa jadi 45 halaman. Tapi kalau nggak, ya lebihnya jangan jauh2 dari 45 halaman. Soalnya penerbit jg pasti punya pertimbangan kenapa halaman maksimalnya sampai 45 halaman.

    BalasHapus
  17. Kak, kalo ke kkpk blh ngirim cerita tentang cinta-cintaan ga sih? Tmnku mau ngirim, tp takut ga blh. Sbelumnya mksh Kak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan ya, ke KKPK jangan cerita yang ada cinta-cintaan (romance). Masa masih kecil udah cinta-cintaan :)

      Hapus
  18. Saffanah Nadhrah y. ( Nadhrah)23 Jan 2013 16.04.00

    kak, kata kkk tadi, kan, di pakein borders aja. tapi, kan, borders itu, kan, satu lembar. kalo, pristinanya setengah lembar gmn? kalo kurang jelas, tanya pada saya lagi, ya, kak!
    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. borders-nya bukan yang buat halaman, tapi buat paragraph. Kan di page borders, ada pilihan: borders, page border dan shading. kamu pilih borders. Sebelumya, kamu blok dulu paragrap yg mau di border.

      Hapus
  19. biasanya kan di kkpk ada gambarnya , nah itu dibuat sendiri ? dari kkpknya?

    BalasHapus
  20. kalo biodata nya biasa kan ?
    contoh :
    nama : ,,, atau make kalimat2
    contoh :
    namaku shofia amelia rezeki . panggil aku amel .
    gmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biodatanya yang biasa saja dulu. Nama, umur, tanggal lahir, alamat pos, telepon yang bisa dihubungi, nama orang tua.

      Hapus
  21. Kak, maaf ya nanya lagi. Kl utk percakapannya, boleh ga pake bahasa sehari-hari. Misalnya : "Aku Steffy. Nama kamu siapa?" jadi : "Gue Steffy. Nama lo siapa?". Mksh lg Kak

    BalasHapus
  22. Percakapan boleh memakai bahasa sehari-hari tapi tetap sopan. Cuma kakak pernah denger, katanya kkpk kurang suka kalau ada bahasa percakapan Loe-Gue. Aku-kamu aja, gimana?

    BalasHapus
  23. Saffanah Nadhrah y. ( Nadhrah)25 Jan 2013 15.40.00

    deskrispi tokoh itu apa, sih, kak? sori, nih, nanya mulu.
    terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Deskripsi tokoh itu, penggambaran setiap tokoh dalam cerita. Bisa bentuk fisiknya (misal: rambutnya panjang, kulit putih, dll) atau karakternya (misal: orangnya ceria, cerewet, dll).
      Deskripsi tokoh biasanya digunakan di awal cerita untuk mengenalkan para tokoh cerita kepada pembaca.

      Hapus
  24. Saffanah Nadhrah y. ( Nadhrah)25 Jan 2013 15.43.00

    sinopsis cerita itu apa, sih, kak?????????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sinopsis cerita itu, rangkuman dari cerita yang kita buat, supaya penerbit mempunyai gambaran mengenai isi cerita kita walaupun hanya dengan membaca sinopsisnya saja.

      Manfaatkan sinopsis ini untuk membuat penerbit tertarik untuk menerbitkan cerita kita. Caranya, cantumkan di sinopsis, hal-hal menarik dari cerita kita.

      Hapus
  25. Nandaria Pupuy Humirrah (Nanda)27 Jan 2013 16.57.00

    kak, saya punya temen, namanya Janna. dia mau buat KKPK ceritanya tentang2 cewek-cowok. ada telanjangan-telanjangannya dan ada perkosa-perkosaannya. saya udah bilang, kalau KKPK tdk akan menerbitkan kalau ceritanya begitu. tapi, katanya, KKPK membolehkan kalo ada naskah yang begituan. saya jadi bingung, yang bener, KKPK menerima romance atau tdk?
    OK

    BalasHapus
  26. KKPK tentu saja tidak menerima naskah romance. Kan untuk anak-anak.

    BalasHapus
  27. kak kalau misalnya di naskah kita ada tentang suratnya, siapa ya yang membuat bentuk suratnya?
    terima kasih ♥ƒ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lay out bentuk surat biasanya dibuat oleh layouter dari penerbit.

      Hapus
  28. Saffanah Nadhrah y. ( Nadhrah)28 Jan 2013 15.48.00

    kak, kalau ga pake bolders ga papah, kan? kata kakak kan, di suruh pake bolders kalo membuat surat. tapi, kalau ga pake gaa papah kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk surat, kakak biasa pakai borders biar terlihat rapih aja. Nggak juga nggak apa-apa. Toh, nanti bakal di layout ulang sama penerbit.

      Hapus
  29. Kak, kkk tinggal dmn? umurnya berapa? udh punya suami? anak? sorry nanya biodata.... -------

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kakak tinggal di kota Bandung. Umurnya udah tua banget hehe... bahkan anak Kakak yang paling besar udah kelas 1 SMU, namanya Maryam Muthmainnah. Dhean bisa lihat foto anak-anak Kakak beserta bukunya di sisi kiri blog.
      Eh, omong2 knp sih Dhean tanya2 biodata Kakak? :)

      Hapus
  30. maaf kak cari bentuk suratnya dimana ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bentuk surat bagaimana, maksudnya? Kalau yang dimaksud bentuk surat itu adalah format surat dalam sebuah cerita, coba kamu lihat deh contoh-contoh surat di buku KKPK/PCPK.

      Hapus
  31. K, klo msl.a di cerita ada main kirim2 sms, nah, gambar handphond-nya itu kta yg bwt sndiri???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya untuk yang itu Kakak kurang tahu. Tapi kemungkinan, gambar handphone di buku KKPK itu kreatifitas editornya.

      Hapus
  32. Kak, KKPK menerima cerita fantasi, gak? kaya cerita ada jinn-nya, itu, lho!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu Kakak, KKPK nggak menerima cerita fantasi. Kalau di naskahnya nyebutin ada jin-jinnya, paling itu hanya bercandaan dalam dialog cerita.

      Hapus
  33. Saffanah Nadhrah y. ( Nadhrah)30 Jan 2013 16.40.00

    kak, kalo gak pake deskripsi tokoh blh, ga?
    terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya pakai ya, untuk memudahkan Ilustrator ketika menggambarkan tokohnya.

      Hapus
  34. maksudnya bentuk format suratnya dimana ya kak carinya.
    terima kasih. ☺╦

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh... di mana ya? Kakak gak hapal juga buku KKPK yang dalam ceritanya ada surat-suratan. Paling yang Kakak ingat, buku PCPK Voltavania. Karena Kakak ikut ngedit buku itu.

      Hapus
  35. oh iya kak satu lagi jadi kita yang buat no halaman tapi dimana ya kak buatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk bikin halaman, di MS Word pakai aplikasi "insert page". Coba tanya ke teman yg pintar MS Word. Biat langsung bisa dipraktekkan.

      Hapus
  36. Saffanah Nadhrah y.2 Feb 2013 11.39.00

    kak, tapi, kok, di KKPK yang judulnya Nasi untuk kakek, Goodbye my teacher, sleepover party, kok, gak pake deskripsi tokoh, sih?????????????
    tambah bingguunggg....
    termia ksh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemakaian deskripsi tokoh itu kan sebaiknya. Kita usahakan membuat naskah sebaik-baiknya untuk memudahkan penerbit dalam membaca naskah kita.
      Terus untuk kumcer (kumpulan cerita pendek) tidak memakai deskripsi tokoh ya. Kan cerpen biasanya ceritanya pendek-pendek.

      Hapus
  37. Saffanah Nadhrah y. ( Nadhrah)4 Feb 2013 15.40.00

    kak, kakak buat novel "Saranghae Bluemoon", ya? ceritanya bagus banget! aku suka! kak, jangan lupa buat novel lagi, ya! nanti, bakal saya beli!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, denger komentar Nadhrah, Kakak jadi tambah semangat nulis novel anak nih.
      Eh, Kakak jadi pengen bocorin novel anak tulisan Kakak yg sebentar lagi bakal terbit nih hehe....
      Novel Kakak berikutnya tentang seorang gadis Afrika yang melakukan petualangan di hutan Afrika bersama sahabat2nya, gadis dari Singapura dan seorang cowok keren dari New York. Ditunggu ya... :)

      Hapus
    2. Weww... Warna-warni nih kak!

      Hapus
    3. Dina udah punya jg Saranghae Bluemoon? :)

      Hapus
  38. Kak, maaf nih kebanyakan nanya. Untuk bab-babnya kita yang nentuin bukan? Trus, kira-kira per bab itu berapa halaman ya? Trim's Kak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk bab-babnya kita yang nentuin. Kalau misalnya jumlah naskah total 45-50 halaman, per bab bisa 3-7 halaman.

      Hapus
  39. Kalau mau bikin KKPK pengarangnya 4 orang boleh nggak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak boleh. Satu novel KKPK, satu orang penulis.

      Hapus
  40. Ass, bu..
    mau tanya kalau kita ingin mengirimkan naskah kita, kita harus gambar yg sesuai dgn judul/cerita nya tidak? trimakasih
    mohon di balas. :)
    Wass

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naskah cerita tidak harus disertai gambar. Gambar akan dibuat oleh ilustrator dari penerbit.

      Hapus
  41. kak aku mau tanya lagi,kalo cerita nya itu misteri tapi ada lucu lucu nya juga boleh gak

    BalasHapus
  42. kak judulnya pake tulisan ukuran berapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tolong di jawab

      Hapus
    2. Kalau judul bab boleh ukuran 14-16 bold

      Hapus
  43. kak, kalau yang ngarang cerita 2 orang gak papa.trims




    BalasHapus
    Balasan
    1. tolong di balas

      Hapus
    2. KKPK tidak menerima naskah satu cerita dari dua orang, kecuali dua orang itu kembar atau adik-kakak.

      Hapus
  44. maaf ni bu nanya lagi,
    biodata dan fotonya itu masuk dalam naskah atau tidak? jadi 40-45 halaman itu sudah termasuk biodata atau tidak ya bu?
    trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biodata dan foto di luar naskah.

      Hapus
  45. kak, kalau misalnya pas kita mendapat surat pernyataan diterima atau tidaknya, dan aku sudah umur 13 tahun, jadi gimana dong?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah ada surat pernyataan diterima, ya sudah diterbitkan saja. Kita tidak usah lagi memikirkan usia kita sudah 13 tahun.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

      Hapus
  46. Assalamu'alaikum,
    hebatnya di atas ialah, halaman karya tulis hanya tertuju di bawah usia dini. Berarti, 30 th ke atas gak di perkenankan ya? Hehehe,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau yang saya tahu, Dar Mizan adalah salah satu lini dari Penerbit Mizan yang mengkhususkan diri menerima naskah anak dari orang dewasa dan anak-anak. Novel anak tulisan saya pun diterbitkan Dar Mizan. Pdhl umur saya kan udah lebih dari 30 tahun hehe...
      Nah, KKPK itu sendiri adalah brand untuk naskah yang dikirim anak-anak. Sedangkan Penerbit Mizan pada umumnya menerima naskah fiksi dan nonfiksi dari orang dewasa.
      Sebenarnya hampir seluruh penerbit menerima naskah orang dewasa. Sedikit sekali penerbit yang mau menerima dan menerbitkan naskah tulisan anak-anak.

      Hapus
  47. kak saya mau tanya lagi 1 bab jika di ketik berapa halaman maksimalnya, dan membuat biodatanya itu seperti ini, misalnya
    nama :
    TTL :
    Sekolah :
    Dan lain lain
    apakah begitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jumlah halaman per bab tergantung jumlah halaman keseluruhan. Kalau total halaman keseluruhan 35-50 halaman. Per bab bisa 3-5 halaman. Kalau di atas 100 halaman. Bisa aja 6-10 halaman. Sebetulnya gak baku juga sih. Yang pasti dalam satu bab tentu ada satu pokok pikiran bab yang ingin disampaikan. Jadi penuhi aja itu. Masalah panjang halamannya, baru itu pertimbangan keduanya.

      Hapus
    2. O,ya untuk yang biodata betul seperti itu. Jangan lupa tambahkan nomor telepon yang bisa dan mudah dihubungi.

      Hapus
    3. Alamat rumah, dan Email juga kak?

      Hapus
  48. Kak, untuk komik, apakah tokohnya harus diperkenalkan dulu?
    Terus untuk coveringnya dari sana atau bikin sendiri?
    Judulnya buat sendiri atau dari sana?
    Trims..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tokohnya boleh dikenalkan dulu. Covernya dari penerbit. Judulnya buat aja dulu sama sendiri.

      Hapus
    2. Maaf banyak tanya.. :D

      Mau tanya lagi, kalau komik, pengarangnya berapa? Pengarangnya bisa satu orang aja?
      Terus boleh gak kalau berbentuk cerita yang berlanjut (Misalkan dari judul 1 ke judul 2 sama tokohnya)?
      Kalau yang bikin cerita sama penggambarnya boleh satu orang?

      Terima kasih

      Hapus
  49. kak, klo umurnya 13 thn, komik ada gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, untuk yang umur 13 tahun Kakak kurang tahu ya. Coba kamu hubungi Muffin Graphics di sini: https://www.facebook.com/pages/Komik-KKPK-Official-Fans-Page/174161922678516

      Hapus
  50. kak, klo PBC itu jmlah naskahnya brp? terus bleh di kasih deskripsi tokohnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Persyaratan utk PBC, silakan baca di link ini: http://dewiyasmarina.blogspot.com/2013/01/ketentuan-naskah-novel-pbc-pink-berry.html
      Boleh, pake deskripsi tokoh.

      Hapus
  51. kak aku udah ngirim naskah tapi nggak lengkap gak pakai foto gak pakai naskah dalam bentuk digital dan gak ada ucapan terimakasih gimana ya ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ke Dar Mizan, ya?
      Sebaiknya kirim ulang ya.
      Soalnya Dar Mizan ketat banget seleksinya.

      Hapus
    2. makasih ka tapi ka klo misalnya ngirim naskah bentuk digitalnya aja boleh gak sama yang lainnya gitu ka?

      Hapus
    3. Kalau kirim ulang sebaiknya lengkap aja.

      Hapus
  52. Assalamu'alaikum
    kak, boleh tanya? Kalau untuk naskah KKPK kalau temanya fantasy gitu boleh, gak? Kalau biodata dll, ga termasuk, kan? 40-45 lembar itu naskahnya aja, kan? Perlu file digital gak?

    Terimakasih, Wassalamu'alaikum :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wlkmslm,
      Fantasy boleh. Biodata dll, di luar naskah. Naskah harus dilengkapi file digital.

      Hapus
  53. Assalamu'alaikum, kak. Kalau misalnya untuk KKPK hrus ada daftar isi, ucapan terimakasih juga, ya? Kalau iya, itu daftar isinya dan ucapan terimakasihnya dipisah sama naskahnya atau disatuin aja sama naskahnya? Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wlkmslam Jihan. Ucapan terima kasih dan daftar isi diketik di kertas terpisah dari naskah. Tapi tentu saja dikirim barengan dengan naskahnya.

      Hapus
  54. selamat sore kak , maksud nya naskah digital itu apa ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sore Helen :)
      Naskah digital itu naskah yang diketik di komputer, lalu di save ke keping CD.

      Hapus
  55. KAK, min.umur berapa dan max. berapa halaman untuk PCPK?

    BalasHapus
  56. oiya, umurku kan 12 jalan terus bukannya untuk kirim naskah ke PBC itu umurnya min.13tahun. jadi gimana kak? dan kalo foto yg di kirim itu gak pake jilbab boleh gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak apa-apa, seleksi di PBC kan lama. Nanti kamu keburu berumur 13 tahun. Fotonya sih bebas. Tapi kalo kamu udah dibiasakan berjilbab oleh orang tuamu, tentu lebih baik foto dengan menggunakan jilbab.

      Hapus
  57. Kak! kalau boleh tanya... gambar di dalam novel KKPK itu dibuat sendiri atau dari penerbitnya?
    dan, kalau untuk sampulnya sendiri boleh kita usulin kak?

    trims!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gambar di sampul dan di dalam buku KKPK dibuat oleh ilustrator dari penerbit. Kalau mau usul tentang sampulnya boleh-boleh saja. Tapi tentunya keputusan tetap ada di tangan kakak editor di penerbit.

      Hapus
  58. kak, 40 halaman itu satu judul atau banyak judul?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau novel, tentu satu judul besar dan beberapa judul bab. Tapi kalau kumpulan cerpen, terdiri dari banyak judul cerita.

      Hapus
  59. Ka, kita ngirim naskah ke Dar! Mizan itu dalam bentuk apa ? kertas atau apa? tapi belum jadi buku kan kaa ?? trus kita harus ada pengenalan tokoh?? tapi kok aku baca di buku kkpk ada yang gk ada perkenalan tokohnya yaa ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang di maksud digital apa ?? maaf kalau kebanyakan, terima kasih sebelumnya.

      Hapus
    2. Kirim naskah ke Dar Mizan dalam bentuk naskah cerita yang sudah diprint di kertas ukuran A4, juga naskah digital yaitu naskah yang masih berbentuk file dan di save ke CD. Untuk mensave file ke CD kamu bisa minta bantuan petugas warnet.
      Pengenalan tokoh boleh ada atau tidak dalam sebuah novel (bukan kumcer ya). Tujuannya untuk mempermudah pembaca membayangkan tokoh-tokohnya dan mempermudah ilustrator dalam merancang gambar-gambar tokoh.

      Hapus
  60. kak,kalau gak pake naskah digital gimana??? balas yaa,terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba kamu baca postingan Kakak yang ini: http://dewiyasmarina.blogspot.com/2013/03/tips-menulis-kkpk-dari-kak-benny.html

      Postingan itu adalah pesan-pesan dari Kak Benny, selaku pemimpin editor Dar Mizan, untuk para pengirim naskah KKPK. Menurut beliau lebih baik kita tidak menawar lagi. Tapi ikuti saja peraturannya.

      Hapus
  61. terus ngirimnya pake kantor pos gimana yaaa???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua persyaratan di atas, masukin amplop besar. Kasih perangko yang cukup, serahin deh ke kantor Pos.

      Hapus
  62. kak entar sinopsis nya hbs profil lengkap? (mksudnya hbs cerita)?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sinopsis lebih baik dicantumkan sebelum cerita supaya Kakak editor bisa langsung tahu isi ceritamu sebelum membaca secara keseluruhan. Kalau sinopsisnya udah bagus, Kakak editor pasti tertarik membaca isi ceritanya. Tapi kalau isi sinopsisnya buruk, mungkin naskahmu langsung ditolak. Jadi tampilkan ceritamu di sinopsis sebagus mungkin.

      Hapus
  63. kak aku mau nanya...
    kalo mau buat yg pertama apanya dulu ya kak???

    jawab ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. kak kalau judul buat sendiri?

      Hapus
    2. Pertama, Fira cari ide dulu. Terus kembangkan jadi kerangka karangan. Untuk lengkapnya, coba Fira baca postingan kakak yang ini: http://dewiyasmarina.blogspot.com/2012/01/mulai-dari-kalimat-sederhana.html

      Hapus
    3. Iya, sementar judul bikin sendiri. Nanti tergantung penerbit, apakah mau tetap memakai judul bikinan kita atau diubah.

      Hapus
  64. Kak, apakah emang harus pake naskah digital?
    Terus judul KKPK (Yang ada di cover)bikin sendiri atau dr sana?

    Makasih ya kak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, harus pakai naskah digital. Judul yang dicover bisa bikinan kita, bisa juga diubah oleh penerbit.

      Hapus
    2. kak mencari judulnya kakak yang buat ya,aku tidak bisa mencari judul yang cocok

      Hapus
    3. Oh.. makasih ya kak atas jawabannya :D

      Hapus
    4. Lho kok Kakak? Kakak kan tidak tahu ceritanya juga :)

      Hapus
  65. naskah digital itu kayak gimana maksdunya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naskah di komputer yang di-save ke keping CD.

      Hapus
  66. Kak, aku mau nanya lagi nih.. KKPK bisa cerita fantasi atau tidak sih? Kalau tidak, kenapa novel "Dunia Es Krim" dapat diterbitkan. Itu termasuk fantasi bukan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf ya aku yang balas. bisa kok pakai cerita fantasi

      Hapus
    2. Iya, betul banget. KKPK boleh fantasi. Yang gak boleh fantasi itu PBC.

      Hapus
  67. kak,maaf kalo kepanjangan ya..
    1 : Kak,klo sinopsis,ucapan terima kasih,biodatanya di tulis diawal atau akhir?
    2 : Kak,klo ngirimnya bisa lewat apa aja?
    3 : Kak,klo ngirimnya harus bentuk gimana?Hasil kertas print,atau naskah digital,atau yg lainnya?

    Bales y kak!Makasih!

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. sinopsis dan ucapan terima kasih ditulis di awal. Biodata ditulis di akhir.
      2. Ngirimnya lewat pos
      3. Bentuknya kertas print dan naskah digital (di save ke CD)

      Hapus
  68. Kak,sama 1 lagi.Kita nulis no.halaman dimana nyarinya?Makasih kak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nulis nomor halaman di Ms Word pake Insert-Page

      Hapus
  69. kalau umur 14 boleh gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak. Lebih baik ke PBC atau Fantasteen.

      Hapus
  70. Kak,maaf kalo kebanyakan nanya dari kemaren.Kalo Daftar isi,Sinopsis,Deskripsi tokoh termasuk ke dalam 40-45 halaman itu ngga?Makasih kak!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. 40-45 halaman itu cuma naskah ceritanya ya.

      Hapus
  71. Kak,lagi nih.. :D Kalo ilustrasi yang buat surat gitu sama siapa dibuatnya?Sama kita atau sama Dar Mizan nya?Makasih kak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama Kakak Layouter di penerbit.

      Hapus
  72. Kak,kan kata kakak naskah yang sudah rapi di print.Tapi di bawahnya kakak bilang harus pake naskah digital.Jadi,ngirimnya yang mana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dua-duanya Yasmin. Naskah yang diprint sama naskah digital.

      Hapus
  73. Kak,sorry kalo aku kebanyakan nanya.Jadi cerewet gitu...Kak,kan kalo ilustrasi surat dibikin layouter.Nah,untuk ngebedain mana yang surat dan mana yg bukan digimanain?

    Thanks buat semua jawaban yang kakak kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dikasih jarak antara tulisan biasa dengan surat. Kakak editor pasti tahu kalau tulisan surat itu adalah surat. Tapi kalau Yasmin ingin lebih kreatif bisa aja untuk yang suratnya dibingkai dengan menggunakan fasilitas Page Layout-Page Border untuk paragraph. Blok dulu isi suratnya ya.

      Hapus
  74. Beberapa bulan yang lalu anak saya ( Anindita Istighfarin ) sudah menandatangani kontrak penerbitan buku seri KKPK dengan Judul " I love my family" tapi sampai sekarang buku belum terbit itu gemana ya mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bapak bisa coba telepon ke redaksi Mizan. Nomornya ada di atas atau di halaman depan buku KKPK. Biasanya anak saya menghubungi Kak Windu pada hari jum'at.

      Hapus
  75. Kak,kalau kumcer gak pake pengenalan tokoh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kumcer tidak pakai pengenalan tokoh.

      Hapus
  76. Kak boleh gak kalau pengantar ortu sama ucapan terima kasih wajib?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah disyaratkan berarti wajib disertakan dong.

      Hapus
  77. Balasan
    1. Coba baca pesan Kak Benny Rhamdani di link di bawah ini kalau naskahnya pengen diterima ya: http://dewiyasmarina.blogspot.com/2013/03/tips-menulis-kkpk-dari-kak-benny.html

      Hapus
  78. Kak, maksimalnya kok 45 halaman? Bukannya banyak yang mencapai 100 halaman lebih, Kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi 100 halaman lebih itu kalau udah jadi buku. Kalau naskahnya di kertas A4, maksimal 45 halaman.

      Hapus
  79. Kak,kalo mau bikin kumcer harus berapa halaman?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Satu cerpen bisa 4-6 halaman. Untuk sebuah buku, kirim 10-15 cerpen.

      Hapus
  80. Kak, Deskripsi Tokoh itu maksudnya ciri-ciri tokohnya itu ya? Misalnya : Berambut panjang dan tinggi. Gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, dan bisa juga karakternya misalnya ramah, ceriwis tapi ceroboh dll.

      Hapus
  81. kak yas,ak mw buat kkpk,tapi berempat,boleh gak tuh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang menulis haniyah khansa

      Hapus
    2. Gak bisa. Penulis KKPK satu org sj. Kecuali kalian kakak-adik.

      Hapus
    3. tapi waktu itu ak pernah liat ada kkpk yg penulisnya 7 orang!!!

      Hapus
    4. Kalau KKPK yang penulisnya banyakan itu biasanya penulis-penulis pilihan penerbit. Bisa penulis yg sudah ternama atau para pemenang lomba yang diselenggarakan penerbit.

      Hapus
  82. Karena thread di sini udah terisi lebih dari 200 komentar, maka komentar2 selanjutnya tidak bisa muncul. Berat kali ya...
    Silakan bagi yang ingin komen dan bertanya, di link ini saja ya:

    http://dewiyasmarina.blogspot.com/2013/05/ketentuan-naskah-novel-kumpulan-cerpen.html

    Makasiiih... ^^

    BalasHapus

Follow @deamarina

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...