Jumat, 18 Januari 2013

Saya dan KEB


Bagi saya, memiliki blog seperti memiliki rumah kedua. Diurus, didandani dan digunakan.
Tahun 2009, saya membuat blog, motivasinya adalah sebagai tempat curhat dan sharing. Saya memang suka nulis di diari. Pikir saya waktu itu, ada beberapa curhat yang kayaknya bagus untuk disharing. Mudah-mudahan bermanfaat buat yang baca. Setidaknya bisa menghibur. Isinya sih, tidak jauh dari bahasan anak dan rumah tangga.
Nah, ketika saya mulai mengenal dunia maya, pemikiran seperti itu seperti tersalurkan. Dengan otodidak, tanpa ada yang ngajarin, saya mencoba membuat blog. Saya mulai posting tulisan-tulisan. Ada yang tulisan asli dari saya, ada juga tulisan copas dari blog lain (tentu saja saya tulis sumbernya), dengan pertimbangan isinya bermanfaat buat saya.
Sayangnya, saat saya menekuni dunia penulisan buku, blog saya malah tidak terurus. Saya sibuk memfokuskan diri di penulisan buku.
Baru pada akhir tahun 2011, saya kembali aktif mengurus blog dengan format blog yang baru dan bertema. Blog saya sekarang mengkhususkan kepada bidang penulisan. Isinya ada ilmu menulis, pengalaman menulis, peluang menulis, lomba menulis, komunitas penulisan, biografi penulis terkenal, dan lain-lain. Pokoknya yang menyangkut dunia penulisan yang saya ikuti.
Hal ini saya lakukan, pertama ingin berbagi pengalaman selama saya menerjuni dunia penulisan. Yang kedua, saya ingin menorehkan seluruh jejak pengalaman saya di dunia penulisan. Ya, meskipun mungkin tidak besar, tetapi mudah-mudahan bisa menjadi tabungan kenangan manis di masa yang akan datang.
Selama bulan januari 2012 saya running mengumpulkan data-data yang tercecer selama saya menerjuni dunia penulisan buku sejak tahun 2010. Alhamdulillah, akhirnya dalam waktu sebulan, blog saya sudah siap tampil dengan wajah baru bertajukkan "PENULIS PEMULA".
Kenapa memilih judul itu?
Alasannya, saya ingin berbagi pengalaman kepada para penulis pemula yang pengalamannya mungkin tidak jauh berbeda dengan saya. Mengalami banyak kebingungan, tidak tahu darimana harus memulai dan sebagainya. Selain itu, saya pun menyasar para penulis cilik. Hal ini berdasarkan pengalaman saya saat membimbing anak-anak saya menjadi penulis.
Alhamdulillah, sejak blog ini rutin diisi dan dipromosikan, kunjungannya meningkat cepat. Setiap hari selalu ada kunjungan atau komentar.
Ke depannya saya ingin, blog saya bisa dipasangin iklan semacam Google Adsense. Namun sampai saat ini, saya belum tahu caranya. Ya, bertahap sajalah... :)
Omong-omong, kalau saya melihat blognya para blogger sejati, saya sering menemukan istilah-istilah khas para blogger. Entah ya, apakah saya pantas tmenyandang nama blogger? Mengingat saya tidak tahu banyak istilah-istilah itu. Saya hanya berpikir bagaimana menggunakan fasilitas blog sebaik-baiknya. Itu saja.
Nah, dengan bergabungnya saya dengan KEB (Komunitas Emak-Emak Blogger), saya berharap bisa menambah wawasan saya tentang dunia per-blog-an melalui teman-teman seprofesi 'emak-emak' :D
Saya memang bukan member aktif di komunitas tersebut, tapi saya bangga dan senang ada di sana. Saya merasa sama dengan emak-emak di KEB karena sama-sama suka ngeblog. Saya juga sering dapat info menarik seperti lomba-lomba penulisan. Pokoknya saya berterima kasih banget dengan keberadaan KEB.
Hari ini, tanggal 18 Januari adalah hari ulang tahun KEB yang pertama. Saya berharap KEB semakin eksis, bisa mewadahi para emak-emak blogger untuk tetap 'keep sharing' dan yang terpenting bisa menjadikan para emak-emak yang merupakan pendidik utama generasi penerus bangsa, jadi tambah pinter lagi, horeee...! #krik...krik...krik...

Ya, sudahlah. Itu sedikit curhatku sebagai bukti kecintaan saya pada KEB. Happy Birthday KEB...!!!

6 komentar:

  1. selamat ulang tahun keb, wah dari 2009 lama juga yaa bu :D

    Salam kenal dari sidoarjo :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe... ya lumayan lah meskipun ada masa vacum-nya :D
      Terima kasih udah berkunjung, Niar.
      Salam kenal jg dari Bandung :)

      Hapus
  2. Aaah senangnyaa baca tulisan ini. Tetaplah menulis maka kamu akan tau siapa dirimu. Ma kasih atas partisipasinya hari ini ya mak. Peluuuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. whuaaa.... senengnya dikunjungi mak Mira!
      Makasih ya Mak, makin semangat ngeblog neeh :D

      Hapus
  3. Wah, jadi semakin semangat belajar nulis. Kalu emak" aja bisa, tentu yang muda juga pasti bisa. Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, kalau semangat berusaha, pasti bisa. Semoga sukses ya...

      Hapus

Terima kasih ya atas kunjungan dan komentarnya ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...