Silakan inbox bagi yg ingin pesan + ttd penulis

Silakan inbox bagi yg ingin pesan + ttd penulis
Buku Tulisan Yas Marina

Selasa, 04 Desember 2012

Milkuat Botol Tiger, Cara Minum Susu Asyik Bagi Anak-Anak



Anak-anak jaman sekarang berbeda dengan anak-anak jaman kita dahulu. Mereka lebih punya kemampuan mengargumentasikan keinginannya. Mereka juga tidak ingin sesuatu yang biasa-biasa saja. Contohnya susu. Dulu, kalau orang tua kita mengatakan harus minum susu karena susu itu bermanfaat, pasti kita meminumnya. Apalagi kalau nasihat orang tua berkepanjangan, seperti, tidak semua orang lho bisa membeli susu. Maka, kita pun merasa beruntung bisa minum susu. Glek…glek…glek… susu yang sudah tersedia di gelas pun tandas habis.

Anak sekarang memilih sendiri jajanan yang disukainya

Tidak dengan anak-anak sekarang. Begitu beragamnya pilihan yang bisa mereka dapatkan, membuat anak-anak memilih sesuatu yang paling menarik hatinya. Padahal siapa pun tahu, sesuatu yang menarik di mata, belum tentu berguna. Anak saya Awan yang masih berumur 5 tahun, saat diajak belanja ke minimarket dekat rumah, pasti tangannya langsung menunjuk ke deretan makanan dan minuman. Terus terang hati saya deg-degan sepanjang belanja. Saya khawatir dia memilih makanan atau minuman yang ‘asal-asalan’. Karena itu, seringkali acara belanja merupakan acara ‘kabur’ dari rumah. Supaya Awan tidak ikut dan memilih sendiri jajanannya.

Namun sepandai-pandainya tupai melompat, kadang-kadang pernah jatuh juga. Demikian pula dengan saya. Serapi-rapinya saya merencanakan keluar untuk belanja, pada suatu waktu ketahuan juga oleh Awan. Yah, terpaksa deh saya mengajaknya. Tapi kali ini pengalaman saya lain. Begitu masuk ke minimarket, Awan langsung menunjuk pada minuman dalam botol berbentuk tiger. Tentu saja saya setuju. Karena setelah saya amati, ternyata produk tersebut adalah susu Milkuat yang merupakan produk dari Danone, produsen makanan dan minuman terpercaya.

Awan memilih minum susu Milkuat botol tiger

Ya, saya memang tidak pernah keberatan kalau anak-anak meminta jajanan kalau itu makanan dan minuman yang bergizi, contohnya seperti susu tadi. Ingat istilah dalam sebuah slogan menu sehat: 4 Sehat 5 Sempurna. Saya memang selalu mengusahakan anak-anak terpenuhi gizinya. Terpenuhi gizi itu tidak harus selalu dengan makanan atau minuman yang mahal-mahal. Asal kita bisa menyajikan dengan menarik dan diolah sesuai cita rasa anak-anak, maka nasi dan makanan pokok lainnya, sayur, lauk, dan buah pasti dimakan oleh anak-anak saya. Demikian pula dengan susu. Susu Milkuat botol tiger memiliki kemasan unik dengan rasa cokelat dan stroberi terbaik dan lebih enak sehingga menarik minat anak saya untuk meminumnya. 

Mengapa Anak-Anak Sebaiknya Minum Susu?

Mengapa sih, saya selalu mengusahakan anak saya minum susu? Mari kita lihat manfaat susu bagi anak-anak.

  • Anak-anak sedang mengalami pertumbuhan fisik yang pesat sehingga tentunya membutuhkan asupan gizi yang tepat salah satunya kalsium yang berguna untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan struktur tulang.  
  • Anak-anak sedang mengalami pertumbuhan dan pergantian gigi. Lagi-lagi, kalsium dalam susu dapat membantu pembentukan gigi kuat. Selain itu susu melindungi permukaan email terhadap zat asam.
  • Anak-anak sering tidak terkontrol jajannya sehingga dikhawatirkan mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung zat berbahaya. Susu dapat menetralisir racun seperti logam, timah dan cadmium yang terdapat dalam makanan lain yang diserap oleh tubuh.
  • Anak-anak membutuhkan konsentrasi dan kerja otak untuk belajar. Kandungan yodium, seng dan leticin dalam susu membantu fungsi kerja otak besar.
  • Anak-anak sedang mengalami masa aktif dalam kegiatan fisik sehingga resiko mengalami luka sangat besar. Kandungan seng dalam susu mampu menyembuhkan luka dengan cepat.
  • Anak-anak sekarang dikenal dengan anak-anak yang aktif, penuh dengan target dan kegiatan.  Susu dengan kandungan magnesiumnya mampu membuat jantung dan sistem syaraf tahan terhadap kelelahan.
Tentu saja masih banyak manfaat-manfaat susu bagi anak-anak. Karena begitu banyak manfaatnya dan begitu lengkap kandungan gizinya, maka susu layak mendapat julukan “darah putih” yang mampu membantu kesehatan manusia.

Supaya Anak Mau Minum Susu

Tidak semua anak suka dan mudah minum susu. Segelas susu putih dalam gelas tinggi sangat tidak menarik bagi anak-anak. Oleh karena itu, para orang tua harus meninggalkan cara lama dengan penyajian yang lebih kreatif dan menarik.

Di bawah ini ada beberapa saran yang bisa dicoba supaya anak-anak mau minum susu.

  • Jangan paksa anak untuk minum susu dalam porsi banyak. Berikan sedikit demi sedikit.
  • Minum susu tidak harus selalu saat sarapan pagi atau sebelum tidur. Minum susu bisa dilakukan pada saat anak sedang asyik bermain, belajar atau bepergian.
  • Sajikan susu dengan menarik. Bisa dalam cangkir bergambar tokoh kartun kesukaannya.
  • Variasikan susu dalam berbagai rasa. Kita bisa menambahkan coklat atau buah stroberi ke dalamnya.
  • Campurkan atau olah susu dengan bahan lain sehingga anak tidak merasa sedang minum susu. Contohnya, kita bisa mencampur susu dengan sereal.


Sedia susu Milkuat di kulkas
Melihat manfaat-manfaat dari susu, maka saya selaku seorang ibu berusaha supaya anak-anak mau minum susu. Saya selalu menyediakan susu di rumah maupun di kendaraan pada saat bepergian. Pada saat anak berangkat sekolah pun tidak lupa saya bekali susu. 

Sedia susu Milkuat di kendaraan

Ovi, anak perempuan saya, sulit sekali bangun pagi. Sehingga paginya selalu terburu-buru berangkat sekolah. Untunglah susu Milkuat bisa membantu saya. Walau dalam keadaan terburu-buru Ovi tetap bisa meminum susunya. Sehingga saya merasa tenang dan yakin Ovi siap belajar di sekolahnya.
Ovi minum susu Milkuat saat berangkat sekolah

O,ya apa sih kelebihan lain dari susu Milkuat ini? Ternyata susu Milkuat mengandung kalsium, fosfor, vitamin B1, B3, B5, B6, A dan D serta ekstra zat besi dan zink. Seperti yang sudah diuraikan di atas bahwa berbagai vitamin dan mineral dalam susu sangat dibutuhkan oleh manusia, terutama anak-anak.  Maka zat besi dalam susu Milkuat dapat membantu metabolisme energi, meningkatkan konsentrasi dan sistem kekebalan tubuh. Sedangkan fungsi zink berfungi untuk membantu pertumbuhan, penyembuhan dan metabolism vitamin A, protein dan lemak. Hasilnya, anak yang minum susu Milkuat akan mendapat nutrisi susu ditambah manfaat zat besi dan zink yang dapat membuat anak tumbuh kuat dan cerdik.
Susu Milkuat sangat mudah diberikan kepada anak-anak saya karena praktis, kemasannya menarik dan rasanya enak.  
  
 “Meskipun susunya sudah habis diminum, botol susu Milkuat tiger, tetap bisa diajak bermain!” seru anak-anak saya dengan riang.

Adek senang main mobil-mobilan dan botol tiger susu Milkuat

Awan sedang mengajarkan cara membuat kostum bola di botol tiger susu Milkuat


Sumber referensi:

Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog “Pengalaman Gizi dan Rasa Milkuat Botol Tiger dengan si Kecil”

12 komentar:

  1. lengkap mbaw reviewnya. susu memang sangat penting ya mbak untuk menunjang pertumbuhan anak-anak agar kedepannya anak kita bisa mencadi anak yang cerdas. btw mohon kunjungannnya mbak di blog saya dan mhon minta sarannya juga. trims :)

    ini alamat blog saya :

    http://yayandewe.blogspot.com/2012/12/selain-banyak-manfaatnya-milkuat-botol.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal Mas Yayan. Terima kasih atas kunjungannya. Sip... sip... nanti saya pasti berkunjung ke blogmu.

      Hapus
  2. Untuk tahapan berikutnya silahkan kirim data diri, alamat tempat tinggal, dan no telpon yang bisa dihubungi ke alamat email yang tertera dibawah.

    Terima kasih,
    VIVAlog
    eko.nugroho@viva.co.id

    BalasHapus
  3. kecuali, milkuat itu minuman RASA susu agaknya Mbake...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas kunjungannya...

      Hapus
  4. Salam kenal mbak ..
    komen OOT, itu seragam yang kuning2, seragam Zakaria ya ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga Mbak Dey...
      Iya, anak perempuan saya sekolah di sana :)

      Hapus
  5. Balasan
    1. Terima kasih kunjungannya ya. Susah banget ngasih komen di blognya. Kehalangin terus sama iframe dan tombol fb, twitter yg ngikutin terus :)

      Hapus
  6. Semoga menang ya, Mbak Yas. Tulisannya enak dibaca. Bagus. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, Mbak Haya. Terus terang saya banyak belajar dari tulisan-tulisan Mbak Haya yang menang dalam berbagai kompetisi. Sekali lagi terima kasih :)

      Hapus

Follow @deamarina

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...