Sabtu, 25 April 2020

Ciri Virus Corona yang Membedakannya dengan Pilek dan Flu Biasa

Ciri Virus Corona


Waspadai infeksi virus Corona yang belakangan ini tengah mewabah di tengah-tengah masyarakat. Mengingat pada dasarnya penyakit yang satu ini bukanlah sesuatu yang dapat disepelekan. Melainkan termasuk di dalam kondisi yang berbahaya, apalagi jika seandainya tidak segera mendapatkan penanganan secara tepat. Mengingat jumlah korban jiwa yang berjatuhan semakin lama juga semakin banyak secara merata ke seluruh dunia. Bahkan angka kematian yang ada di Indonesia sendiri tercatat menjadi salah satu yang paling tinggi. Hal ini juga bisa disebabkan karena kurangnya kesadaran masyarakat di dalam mengenai ciri virus Corona.


Faktanya sendiri memang jika dilihat gejala dari penyakit Covid 19 ini sangat mirip seperti halnya infeksi dari flu biasa. Jadi tak jarang diantara masyarakat yang kemudian juga menganggap remeh kondisi tersebut. Bahkan beberapa diantaranya baru mau berobat ketika sudah masuk ke fase parah, seperti diantaranya adalah terkena sindrom pernapasan akut yang membuatnya harus mendapatkan penanganan serius di ICU, bahkan juga bantuan alat untuk bernapas.

Untuk itu ada baiknya juga bagi Anda di dalam mengenai ciri virus Corona yang membedakannya dengan flu dan juga pilek biasa. Sehingga nantinya akan lebih mudah untuk deteksi dini, diantaranya adalah:

  1. Periode atau masa inkubasi virus, bisa dikatakan virus Corona ini termasuk dalam jenis virus yang menyerang sistem pernapasan dengan masa inkubasi paling lama jika dibandingkan dengan influenza biasa yang hanya sekitar 1 sampai dengan 4 hari sudah bisa mulai dirasakan. Coronavirus ini membutuhkan waktu inkubasi yang cukup lama sampai dengan 14 hari, apalagi orang dengan kekebalan tubuh kuat.
  2. Gejala yang ditimbulkan, biasanya untuk flu dan juga pilek biasa maka akan menunjukkan gejala mendadak. Namun berbeda dengan Corona ini dimana gejala yang dialaminya akan berlangsung secara bertahap dari hari ke hari yang semakin lama justru akan menjadi semakin parah.
  3. Sesak napas, pada penderita flu biasa jarang sekali diantara pasien yang mengalami kondisi semacam ini, kecuali memang mereka yang sebelumnya sudah memiliki penyakit bawaan, namun untuk Corona atau Covid 19 ini sendiri, maka kebanyakan akan merasakan sesak napas. Rasa sakit seperti tertekan di bagian dada sehingga menjadi kesulitan di dalam bernapas.
  4. Demam tinggi, pada penderita Covid 19 juga akan merasakan peningkatan suhu badan, bahkan juga dalam angka yang cukup tinggi sampai dengan 38 derajat Celcius bahkan juga lebih, pada kasus pilek biasa jarang sekali akan mengalami demam,. Begitu juga untuk flu biasa, maka tubuh akan mengalami demam, namun suhunya tidak terlalu tinggi.
  5. Masa penyembuhan, pada dasarnya penyakit flu biasa ataupun juga pilek akan segera sembuh selama beberapa hari atau maksimal memakan waktu sampai dengan seminggu setelah infeksi tersebut terjadi. Namun berbeda halnya dengan Coronavirus, karena gejala yang dirasakan oleh penderitanya akan berlangsung cukup lama dan juga tidak kunjung sembuh, sehingga patut untuk diwaspadai.

Itulah beberapa ciri virus Corona yang membedakan dengan flu maupun pilek biasa. Deteksi dini sangatlah penting untuk mencegah penyebaran penyakit tersebut kepada orang lain di luar sana. Segera setelah merasakan gejalanya maka usahakan untuk melakukan isolasi dan juga berobat ke rumah sakit rujukan dari Covid 19 ini. Temukan informasi terbaru seputar Covid 19 ini lewat situs Halodoc, langsung akses situs resminya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih ya atas kunjungan dan komentarnya ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...