Selasa, 09 April 2013

Lomba Mengarang Kodomo: Bukan Kualitas tapi Motivasi


Beberapa hari lalu, Ovi menerima paket. Ternyata itu kiriman dari Tim Kreatif Kodomo sebagai hadiah karena Ovi termasuk 10 pengirim pertama karangan berjudul Liburan Bersama Kodomo.

Beberapa bulan sebelumnya, Ovi memang bilang pada saya bahwa ia ingin ikut lomba menulis yang diselenggarakan oleh Perusahaan Toiletris Anak Kodomo. Ovi tahu pengumuman itu dari majalah Bobo.

Saya hanya membacanya sekilas atau tidak fokus ya... Yang pasti saya membaca kalimat terakhir yang menyebutkan bahwa ada bingkisan untuk 10 pengirim pertama. Saya pikir, kalaupun Ovi tidak menang jadi juara, setidaknya kalau naskahnya dikirim cepat, Ovi bisa dapat hadiah sebagai pengirim pertama. Dan memang, saya melihat sepertinya Ovi ingin sekali mengirimkan cepat-cepat. Tanpa disuruh apalagi dipaksa, Ovi sudah nongkrong di depan komputer dan menyelesaikan tulisan dengan cepat.

Selesai menulis Ovi minta saya mengedit dan mengeprintnya. Setelah itu saya pun mengirimkan naskah tersebut melalui pos.

Sepulang dari kantor pos, saya baru ingat bahwa naskah tersebut harus disertai kemasan produk. Ya udah, akhirnya saya kirim ulang lagi deh...hihi... Itulah gara-gara gak fokus baca persyaratannya :D

Belakangan setelah nerima hadiah, saya baca-baca lagi pengumumannya di Majalah Bobo. Ternyata memang lomba ini tidak ada juaranya. Yang diberi hadiah hanyalah 10 pengirim pertama saja. (Kenapa saya bisa gak fokus banget ya baca tuh pengumuman. Mungkin karena Ovi yang pengen, bukan saya yang pengen :D ) Balik lagi ke bahasan. Sepertinya, Kodomo hanya ingin menguji motivasi anak. Apakah dengan pengumuman tersebut, anak termotivasi menulis. Dan, bagi Ovi rupanya, ya. 

Saya salut dengan itikad Tim Kreatif Kodomo. Karena persyaratannya pun gampang. Untuk anak kelas 1-3 SD, membuat cerita sebanyak 150 kata. Tanpa penilaian pada kualitas tapi lebih kepada motivasi.


Mudah-mudahan sih ada pihak-pihak lain juga yang menyelenggarakan kegiatan serupa ini. Supaya anak tidak mundur dulu karena merasa tidak bisa. 
Terima kasih Kodomo...

6 komentar:

  1. Selamat ya Mbak, turut senang....:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Mbak Ririn. terima kasih juga sudah berkunjung :)

      Hapus
  2. waahh ovi udah mau ikutan lomba nulis ya mbak berarti ada bakat jadi penulis tuh mbak..
    buat ovi selamat ya nak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah-mudahan, Mbak Wina. Amiin... :)
      Terima kasih Tante Wina, kata Ovi.

      Hapus
  3. ntar Fafa klo udah segede Ovi saya motivasi ut menulis juga ah... seru yaa... ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iya seru banget. Sip, asal Fafa suka buku, ntar ngarahinnya biasanya lebih mudah.
      Terima kasih kunjungannya Mbak Nita :)

      Hapus

Terima kasih ya atas kunjungan dan komentarnya ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...