Rabu, 20 April 2016

Pilihkan Aplikasi Gadget yang Menarik dan Bermanfaat Bagi Anak




Saat ini yang namanya gadget merupakan bagian dari kehidupan sosial manusia. Dari anak usia balita hingga lansia, terutama yang tinggal di perkotaan biasanya sudah familiar menggunakan gadget. Gadget bisa menjadi benda yang dibutuhkan karena kegunaannya yang besar namun bisa juga sesuatu yang mesti dibatasi penggunaannya jika malah merugikan penggunanya. Saya setuju dengan para orang tua yang membatasi penggunaan gadget bagi anak-anak karena pertimbangan-pertimbangan sebagai berikut:

Pertama, anak tetap membutuhkan aktivitas fisik. Jadi, jangan sampai kesukaannya bermain gadget membuat anak malas bergerak.
Anak tetap butuh aktivitas di luar ruangan

Kedua, menurut penelitian kesehatan, gadget yang merupakan alat elektronik ini dapat mengeluarkan radiasi yang dapat mengganggu fungsi otak manusia jika digunakan secara berlebihan. Nah...nah...jangan sampai anak kita terkena dampak negatif dari gadget ini ya.

Tapi...ya tapi nih, jaman sekarang tidak bisa juga kita menjauhkan teknologi dari anak-anak. Kita tidak bisa menyamakan jaman kita dulu yang bisa hidup tanpa gadget dengan kehidupan anak-anak sekarang. Meurut saya, anak-anak kita mesti tahu gadget, mesti tahu fungsi gadget, mesti tahu cara menggunakan gadget dengan tepat dan mesti tahu dampak negatif gadget bagi dirinya. Dengan pengertian yang dimiliki anak tentang gadget ini diharapkan anak bisa memahami atas dasar apa orang tua mengijinkan atau membatasi dia dalam menggunakan gadget.
Orang tua harus tahu aplikasi/game yang dimainkan anak


Untuk memaksimalkan fungsi positif dari gadget, orang tua sebaiknya menjadi pengendali dari aplikasi-aplikasi yang terpasang di gadget. Memang tidak semua orang tua suka main game tapi orang tua mesti tahu isi dari game atau aplikasi yang kerap dimainkan anaknya. Jangan sampai ternyata isinya menggambarkan tindak kekerasan atau berupa konten dewasa yang tidak layak dilihat anak.

Salah satu aplikasi pendidikan yang aman, bermanfaat dan menarik bagi anak usia 2-4 tahun adalah Aplikasi “Belajar Menulis Bersama Boci” yang dikeluarkan oleh Rolling Glory, Creative Digital Media Studio yang berlokasi di Bandung. Personil Rolling Glory ini anak-anak muda semua lho. Teman-teman bisa kepo-in mereka di facebook-nya, di sini heheh...

Baiklah, kita lanjut ke aplikasinya ya. Bagi yang penasaran, Teman-teman bisa instal dulu aplikasinya di sini.
Aplikasi ini tersedia gratis di Playstore

Udah? Oke sekarang di buka ya.
klik tombol 'Play' di tengah
Kita bisa memilih 'pesawat', 'kapal', atau 'kereta'
Gunakan jari untuk menggerakan pesawat sesuai bentuk huruf
Yeeeeah...berhasil deh bikin huruf A!
 
Setelah huruf 'A' besar selesai, muncul huruf 'a' kecil
Selamat, teman-teman sudah menyelesaikan semua huruf!
Nah, beres deh!
Kalau teman-teman pingin tahu lebih banyak tentang Petualangan Boci, Teman-teman bisa berkunjung ke website Boci di sini ya. Oya, selain aplikasi "Belajar Menulis Bersama Boci", Teman-teman bisa download aplikasi-aplikasi pendidikan lainnya dari Rolling Glory di sini.
Oke, semoga bermanfaat ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih ya atas kunjungan dan komentarnya ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...