Minggu, 29 September 2019

Inilah Gejala Virus Difteri yang Harus Diwaspadai

Virus Difteri
foto: generasimaju.co.id

Penyebaran virus yang satu ini berjalan dengan cukup cepat. Virus difteri disebabkan bakteri Corynebacterium diphtheriae yang menyerang pada tubuh. Bakteri ini bisa saja menyerang pada beberapa daerah tubuh. Terlebih, untuk proses penyebaran dari virus juga berjalan dengan begitu cepat. Tentunya, membutuhkan kewaspadaan yang tinggi.
Proses penyebaran dari virus ini ternyata bisa melalui banyak cara. Seperti melalui udara, barang yang terkontaminasi, bersentuhan sampai dengan adanya infeksi. Untuk itu, semua orang tentu harus mewaspadai virus yang satu ini. Setelah terkena virus, seseorang akan muncul gejalanya. Apa saja gejala virus difteri? Simak ulasan lebih lengkapnya pada artikel ini.

Gejala Yang Timbul Akibat Virus Difteri

Tidak banyak yang tahu, bahwa virus ini memberikan beberapa gejala dari penyebarannya. Berikut beberapa gejalanya:

Tenggorokan Tertutup Lapisan Abu-Abu

Jika anda merasakan tenggorokan sakit yang cukup terasa maka perlu waspada. Terlebih, jika dilihat terdapat lapisan abu-abu. Karena, bisa jadi salah satu gejala yang ditimbulkan karena penyebaran difteri. Memang, virus yang satu ini akan lebih menyasar pada daerah sekitar tenggorokan. Untuk itu, anda harus lebih waspada dan tidak bisa anggap sepele gejala yang satu ini.

Mudah Lemas

Merasakan tubuh yang mudah lemas disertai sakit pada tenggorokan? Bisa jadi merupakan gejala adanya virus difteri. Untuk virus yang satu ini menyebar ke tubuh dengan cepat. Akibatnya, daya tahan tubuh menjadi lebih rendah. Setelah itu, tubuh akan mengalami penurunan dari kekuatan. Lalu, tubuh menjadi lemas dan akan sangat malas untuk melakukan banyak aktivitas.

Gangguan Penglihatan

Virus difteri menyerang tubuh dan menjadikan bermacam masalah. Seperti untuk penglihatan yang akan menjadi lebih buram. Mungkin, banyak dari orang yang menganggap remeh akan hal ini. Padahal, jika dibiarkan justru bisa berakibat fatal. Karena, bagian mata merupakan hal yang sangat penting untuk kehidupan.

Sulit Untuk Bernapas

Cukup banyak gejala dari adanya penyebaran virus ini. Seperti untuk tubuh yang menjadi sulit untuk bernapas. Karena, daerah sekitar hidung dan tenggorokan terdapat penyumbatan. Jadi, akses udara yang dihirup akan menjadi lebih susah. Gejala yang satu ini memang banyak dikeluhkan oleh para penderita. Tentunya, dibutuhkan penanganan dengan segera. Karena, sangat mengganggu untuk aktivitas sehari-hari.

Demam Dan Menggigil

Adanya rasa demam dan menggigil memang sangat mengganggu. Memang, banyak pemicu dari adanya rasa demam dan menggigil pada tubuh. Tetapi, yang perlu dipahami jika terdapat rasa demam disertai sulit bernapas. Maka, perlu dicurigai jika hal ini merupakan gejala dari adanya virus difteri yang menyerang pada tubuh. Untuk itu, lebih baik konsultasikan terlebih dahulu.

Pilek Bercampur Darah

Masalah ini banyak yang menyebutnya dengan mimisan. Tetapi, tentunya beda untuk hal yang dimaksud. Penyebaran dari virus ini memang cukup berbahaya bagi tubuh. Terlebih, jika tubuh tidak memiliki kekebalan yang cukup. Jadi, bisa menyebabkan pilek bercampur dengan adanya darah. bIsa saja, darah tersebut kering di bagian dalam hidung dan tanpa anda sadari. Banyak yang menyadarinya setelah darah tersebut kering dan jatuh.
Itu dia beberapa gejala yang timbul dari adanya virus difteri pada tubuh. Jika sudah muncul beberapa gejala diatas, alangkah baiknya untuk segera melakukan konsultasi ke dokter. Karena, akan diberikan penanganan yang tepat. Selain itu, pastikan tubuh anda selalu sehat dan memiliki kekebalan tubuh yang tinggi. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih ya atas kunjungan dan komentarnya ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...