Selasa, 30 Juli 2013

PENULIS CILIK-Simpan Dulu, Baca Lagi dan Perbaiki (materi 25)


Lanjutan dari materi 24

Nah, selesai sudah semuanya. Kamu sudah menuliskan kata ‘TAMAT’ di akhir ceritamu. Apa langsung dikirimkan? Jangan dulu!

Kenapa?

Karena ketika kamu baru menyelesaikan cerita, badan dan pikiranmu dalam keadaan lelah. Kamu perlu mengistirahatkan dirimu. Jadi, bersenang-senanglah dulu. Kamu bisa jalan-jalan, nonton televisi, membantu ibumu, dan lain-lain. Biarkan naskahmu di komputer selama dua sampai tiga hari.

Nah, setelah masa istirahat selesai, buka kembali naskahmu. Baca dari awal sampai akhir. Biasanya saat itu kamu dapat menemukan kesalahan-kesalahan pengetikan (typo), kata-kata atau kalimat-kalimat yang kurang pas, paragrap-paragrap yang tumpang tindih dan lain-lain. Perbaikilah naskahmu hingga berkurang kesalahan-kesalahannya dan lebih enak di baca. Pokoknya, percantik deh naskahmu.

Apa yang kamu lakukan itu akan sangat membantu editor di penerbitan saat memeriksa naskahmu. Kalau naskahmu banyak kesalahannya, kemungkinan editor akan menunda membaca naskahmu dan mendahulukan naskah yang lain yang lebih rapi. Ih, rugi banget, kan!


Bagaimana Pendapat Temanmu?

Sebelum dikirim ke penerbit, coba pilih beberapa temanmu untuk membaca hasil tulisanmu. Pilihlah pembaca yang tidak hanya bisa melihat kekurangan-kekurangan naskahmu saja, tapi juga bisa memberikan saran dan menyebutkan sisi bagusnya naskahmu.

Mungkin selain kamu menyerahkan draft naskah ke temanmu, kamu juga bisa memberikan daftar pertanyaan yang berisi apa kekurangannya, apa sarannya, dan apa kelebihannya naskahmu.

Perhatikan saran temanmu dengan sungguh-sungguh. Kamu harus berpandangan bahwa temanmu ingin naskahmu lebih baik lagi. Jadi, kamu jangan marah-marah kalau temanmu memberikan kritik yang cukup ‘pedas’. Kalau memang pendapat temanmu betul, apa salahnya kalau sarannya kita ikuti. Mungkin dengan mengikuti saran temanmu, naskah kita akan lebih disukai pembaca. Coba saja diskusikan baik-baik.

Tapi, tentu saja temanmu tidak bisa memaksa. Kamu bisa memutuskan mengambil saran temanmu atau tetap seperti semula.

Berlanjut ke materi 26 

Suka atau gak suka matematika, baca buku ini dijamin seru!

PCPK Math Garden, karya Maryam Muthmainnah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih ya atas kunjungan dan komentarnya ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...