Sabtu, 23 Maret 2019

Nibiru, Kisah Fiksi Fantasi dengan Kearifan Lokal



NIBIRU DAN KESATRIA ATLANTIS


Saya beruntung mendapatkan buku ini dengan harga yang sangat murah karena isinya sama sekali tidak murahan. Ingin tahu berapa saya beli? Hanya Rp 5.000,-. 

Ya ini memang buku edisi lama. Di prelim-nya tertulis Cetakan I: Desember 2010. Memang ada edisi barunya? Kayaknya sih ada. Kemarin-kemarin di timeline facebook saya pernah muncul buku Nibiru ini dengan cover dan judul yang agak berbeda.

Oya, kenapa saya mendapatkan dengan harga murah. Jadi ceritanya ada teman facebook yang lepas kolpri. Begitu teman saya share, langsung deh saya samber. Wah, memang rejeki saya hehe... Alhamdulillah.

PENGARANG TASARO GK


Saya tahu Mas Tasaro GK pertama kali sekitar tahun 2009. Waktu itu saya sering mendengarkan acara bedah buku di sebuah radio swasta Bandung. Acara bedah buku itu disponsori salah satu penerbit ternama di Bandung. Isi acaranya mereview buku terbitan mereka yang baru keluar dengan mewawancarai penulisnya.

Buku yang direview saat itu buku Galaksi Kinanthi. Di akhir acara selalu ada kuis berhadiah buku yang sedang dipromosikan. Beruntung sekali saya mendapatkan hadiah buku Galaksi Kinanthi yang bertanda tangan penulisnya.

Saya sangat terkesan dengan isi ceritanya. Sehingga saya menasbihkan Mas Tasaro sebagai salah satu penulis favorit saya. 

Dan ketika Mas Tasaro GK meluncurkan buku Seri Muhammad sebanyak 4 jilid, maka satu persatu saya beli juga. Kenapa satu persatu? Karena dari buku satu ke buku yang lainnya cukup lama keluarnya. Jadi, saya termasuk setia menanti hehe... 

Nah, kabarnya buku Nibiru ini pun termasuk buku seri pentalogi. Jadi akan ada 6 buku seri Nibiru. Wow saya termasuk yang akan membeli seri selanjutnya.

REVIEW BUKU NIBIRU


Buku Nibiru dan Kesatria Atlantis terdiri dari 692 halaman. Yah cukup tebal memang. Tapi sepadan kok dengan keseruannya. Kalau saya boleh membandingkan sih, buku ini seperti gabungan antara Seri Harry Potter dan Seri I Am Number Four yang disajikan dengan kearifan lokal.

Saya bilang kearifan lokal karena buku ini sendiri dibuka dengan kalimat-kalimat yang “katanya” tercantum dalam prasasti batu berbahasa Kedhalu. Ditemukan oleh seorang petani di dasar danau mengering Dusun Trowono, Gunung Kidul, Indonesia.

Dikisahkan di sebuah negeri yang bernama Kedhalu, orang-orang pada masa itu memiliki berbagai kesaktian yang diwarisi dari leluhur mereka. Namun mereka tidak bisa menguasai kesaktian itu begitu saja melainkan harus dilatih. Maka didirikanlah sekolah untuk-untuk anak-anak Kedhalu yang disebut Bhepomany.

Ada empat anak yang tergabung dalam kelompok “Empat Keparat Kecil” bersekolah di sana. Mereka bernama Dhaca, Muwu, Nyithal dan Sothap yang memiliki karakter dan bakat kesaktian masing-masing. Nah Empat Keparat Kecil inilah yang nanti bakal banyak berperan dalam cerita ini.

Karena negeri Kedhalu ini dipenuhi orang-orang sakti maka orang-orang luar pulau banyak yang memburu mereka untuk dijadikan tentara perang. Namun tentu saja warga Kedhalu tidak ingin diperlakukan seenaknya. Dengan kesaktian mereka, mereka membuat semacam perisai untuk melindungi pulau sehingga orang-orang luar tidak mampu menembus perisai saat ingin masuk ke Kedhalu.

Sayangnya semakin kesini kekuatan perisai semakin melemah sehingga satu demi satu masuklah orang-orang asing ke Kedhalu. Salah satunya adalah Jubah Sihir yang dicurigai sebagai utusan Nibiru, Sang Pembawa Kiamat.

Menurut kepercayaan warga Kedhalu, Nibiru hanya dapat dikalahkan oleh keturunan Raja Saternatez. Masalahnya mereka tidak tahu siapa dan di mana keturunan Raja Saternatez berada. Waduh...pokoknya makin dibaca makin menegangkan deh!
Waktu sakit, Abang menamatkan buku ini hanya dalam 2 hari

Bagaimana akhirnya nasib Kedhalu dan para tokohnya? Sama seperti buku-buku lainnya karangan penulis ini, ending dari para tokoh di buku ini pun sangat tidak terduga. Pokoknya kecele deh hehe... Tapi itulah asyiknya.

NIBIRU, MASA KEHANCURAN


Sumber: fb Tasaro GK
Sekedar informasi, buku Nibiru dan Kesatria Atlantis ini diterbitkan ulang oleh Penerbit BIP dengan judul Nibiru, Masa Kehancuran. 

Jadi bagi yang penasaran dengan bukunya, kalian bisa segera mencari buku ini di toko-toko buku atau toko buku online.

Saya berharap mudah-mudahan dengan diterbitkannya kembali Nibiru jilid pertama ini, akan segera terbit jilid-jilid berikutnya 😍.



1 komentar:

  1. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 8 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    -bandar 66 (new game )
    Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!
    PROMO MENARIK
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) |
    Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus

Terima kasih ya atas kunjungan dan komentarnya ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...