Kamis, 16 Juni 2016

Mau Kemana Liburan Lebaran Anda?

Pantai Pelabuhan Ratu (foto: Kang Mulyadi)



 Rasanya baru kemarin hari raya idul fitri di tahun 2015. Eh, sekarang sudah bulan ramadhan tahun 2016 lagi. Artinya harus mulai cari-cari tempat liburan dan booking hotel, nih. Ya, liburan hari raya idul fitri memang merupakan kesempatan berlibur bagi keluargaku. Pasalnya dari mulai ayah sampai anak, semua sama-sama sedang libur dan tenggang waktu liburnya pun cukup panjang. Berbeda dengan liburan sekolah biasa. Seringnya anak libur, ayahnya anak-anak malah nggak bisa cuti karena pekerjaan kantor terus menumpuk.

Omong-omong soal tempat berlibur, anak-anakku minta supaya di tempat wisatanya ada ‘tempat main airnya’. Entah itu kolam renang, waterpark, sungai atau pantai. Kebetulan liburan lebaran tahun kemarin, kita nyewa vila dekat Ciater Hot Spring Water. Selain anak-anak bisa berenang di kolam renang hotel, mereka juga bisa berendam di tempat pemandian air panas Ciater.
 


       
Rekreasi keluarga ke Pantai Pasir Putih, Lampung
Nah, sekarang ini saya sedang membayangkan suasana pantai nih. Tapi pantainya, pantai yang berombak cukup besar. Kenapa demikian? Karena kalau ke pantai berombak kecil, hampir tiap tahun kita wisata ke pantai berair tenang di kawasan Lampung Timur. Ya...sekalian nengok kakeknya anak-anak.

Bagi saya, ombak besar itu menakjubkan. Deburannya sanggup mengguncangkan jiwa untuk mengingat Sang Pencipta. Jika mengingat bahayanya sih, memang iya. Tapi, tentu tergantung kita menjaga mereka semaksimal mungkin. Seperti halnya sebuah pisau, bisa berbahaya namun tidak kurang manfaatnya. 

        Dengan melihat pantai, orang tua bisa bercerita banyak hal pada anaknya. Mulai dari menumbuhkan cinta alam sampai cerita-cerita religius yang mengingatkan pada sang pencipta alam semesta ini. Cerita nabi pun banyak kok yang berhubungan dengan laut, seperti cerita Nabi Musa membelah laut, cerita Nabi Nuh membuat kapal, cerita Nabi Yunus ditelan paus. Bagi saya, berlibur kemana pun harus dapat menyampaikan sebuah pesan mendidik pada anak-anak. Jadi jangan cuma dapat senang-senangnya saja. Bukankah cerita akan lebih menyerap di pikiran anak, jika kita ceritakan pada mereka di hadapan lokasi yang mendekati isi cerita?


Salah satu pantai yang ingin saya kunjungi adalah Pantai Pelabuhan Ratu. Lokasi Pantai Pelabuhan Ratu berjarak sekitar 60 km ke arah selatan Kota Sukabumi. Saya pernah lho mengunjungi pantai tersebut duluuu...waktu saya masih TK. Saya kesana diajak oleh paman dan bibi saya. Kata mereka, waktu itu saya takuuut sekali sama ombak. Jadinya, sementara sepupu-sepupu saya main di air, saya berdiri saja melihat dari kejauhan. Aduuh...rugi banget ya. Makanya, sampai setua ini saya terobsesi untuk kembali kesana dan membuktikan bahwa saya suka dengan ombak hehe...

Setelah fix tempat wisatanya, sekarang saatnya saya mencari penginapan yang cocok. Ya cocok di kantong, ya cocok di fasilitas dan kenyamanan. Saya mulai dengan browsing-browsing hotel di Sukabumi. Soalnya ingin tahu juga standar fasilitas dan harga hotel di sana. Oya, saya juga mencoba mencari hotel di Sukabumi melalui aplikasi android yang banyak dibicarakan orang saat ini. Dan memang lebih gampang. Hanya melalui smartphone, tinggal klik-klik langsung keluar data hotel di Sukabumi.

Bergeser ke daerah Pelabuhan Ratu, saya mencari wisma yang sepertinya lebih cocok ditinggali oleh keluarga besar saya. Ya, saya memang menginginkan penginapan yang memiliki suasana homey supaya anak-anak merasa nyaman. Apalagi saya juga membawa kedua orang tua saya. Hmm...jadi tidak sabar rasanya ingin segera tetirah di pinggir pantai. Nanti, pulang-pulang  ke rumah bisa dapat jiwa dan raga yang segar. Sehingga siap melanjutkan rutinitas kerja kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih ya atas kunjungan dan komentarnya ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...