Senin, 20 Juni 2016

Hikmah dari Peristiwa Ajaib di Masa Kenabian



Lokasi: Makam Rasulullah saw. (foto: koleksi pribadi)

Saat sahur tadi, adik menelepon saya.  Katanya, "Teh, saya sedang di masjid Nabawi dekat makam Rasulullah saw. selesai tarawih. Sekarang mau berdoa, tolong aminkan ya."
 
       Seketika itu juga sembari terus mengaminkan doanya, air mata saya langsung berderai tak terbendung. 


Subhanallah, teknologi adalah sebuah keajaiban. Dengannya suasana berdoa bisa terasa lebih. Adik yg berdoa di sana, menyebutkan harapan-harapanku yang pernah kutitipkan padanya, menyebut nama anak-anakku satu persatu dan saya yang di sini mengaminkan. MasyaAllah...

Sejujurnya, keajaiban seperti itu bukanlah hal baru. Karena ia milik Allah. Maka dari itu, sejak dulu keajaiban-keajaiban seperti itu sudah ada. Bedanya Allah menjadikan dengan media berbeda.  Contoh isra-nya Rasulullah saw. dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa. Dulu, saat kaum Quraisy mendengar Rasul melakukan perjalanan tersebut hanya sekitar 2 jam saja, mereka tertawa. Padahal saat ini perjalanan jarak jauh dalam waktu sebentar adalah hal yang lumrah. 

Apa sih nilai keimanan yang bisa kita dapat dari peristiwa itu? Artinya, bagi Allah, ada atau tidak adanya media yang dibuat manusia, Allah mampu menjadikan apa saja. Membelah lautan melalui tongkat nabi Musa, teleportasi Nabi Sulaiman, memperlihatkan hologram Masjidil Aqsa di pandangan Rasulullah saw. dan lain-lain.

 Sedangkan pelajaran bagi manusia sendiri, khususnya umat Islam, kita harus optimis bisa melakukan pencapaian teknologi lebih tinggi lagi dari yang sudah ada. Karena apa? Karena itu bukan hal yang mustahil. Allah dulu dan sekarang sama. Jika Allah swt. dulu pernah memunculkan keajaiban-keajaiban itu pada manusia-manusia pilihan, maka generasi pelanjut sekarang, jadilah manusia-manusia hebat yang bisa membuat media-media itu hingga keajaiban-keajaiban yang pernah Allah munculkan dulu tidak sekadar menjadi dongeng, wallahu'alam bishshowab.


*Catatan setahun yang lalu, Ramadhan 19 Juni 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih ya atas kunjungan dan komentarnya ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...