Selasa, 04 Desember 2018

10 Bookstagram Inspiratif


Hampir dua tahun yang lalu saya bikin Instagram khusus buku atau yang biasa disebut Bookstagram. Motivasinya sih karena sayang banget lihat buku-buku nganggur di rak. Menurut saya, buku-buku saya tuh sebetulnya kan potensi yang bisa saya share. Pengennya sih bisa kayak akun-akun Bookstagram yang cakep dan cantik itu. Nah maka dari itu, saya bikinlah akun Instagram @booksshelfie.


Namun kenyataan tidak semudah yang dibayangkan. Sampai saat ini, akun tersebut boleh dibilang hidup segan, mati pun gak mau. Ada beberapa faktor yang membuat saya belum juga  konsisten mengelola akun tersebut. Pertama, saya termasuk pembaca lambat. Kedua, saya sering pindah buku sebelum satu buku tamat. Ketiga, kok saya gak pede ya dengan kemampuan book photography saya 😁.

Mengingat masalahnya seperti itu, untuk poin 1 dan 2, saya mencoba mengatur ulang manajemen membaca buku saya. Namun untuk yang ke-3, saya merasa harus banyak belajar dari Akun Bookstagram yang lain, yang sudah terkenal ke-kece-annya. Oleh karena itu, sebelum saya lanjut mengelola @booksshelfie, saya pun mencoba follow beberapa Akun Bookstagram luar dan dalam, supaya saya bisa belajar banyak dari mereka.

Nah, inilah 10 Bookstagram yang saya follow:

1. @sintiawithbooks
foto Instagram @sintiawithbooks

Hal yang langsung menarik perhatian saya dari Bookstagram ini adalah tumpukan buku yang cantik. Artinya buku terlihat bukan dari sisi cover, melainkan dari tumpukan helaian kertas yang menyusun buku. Saya pernah coba cara seperti ini tapi tidak terlihat cantik karena sudut kertasnya sudah pada kriting. Sedangkan di akun ini, bukunya seperti baru pada dibuka sampul plastiknya. Mungkin perawatannya ya, apik sadis. Bener-bener disayang-sayang. Kalau buku-buku saya kan dibaca massal oleh keenam anak saya haha... Kadang saya nemu udah di rak toilet 😆.

2. @thehijabfangirl
foto Instagram @thehijabfangirl

Kalau saya perhatikan foto-foto di akun Bookstagram ini ada ciri khasnya. Di Setiap fotonya selalu ada tone warna merah kontras dengan warna hitam dan putih. Salut deh ternyata Bookstagram Indonesia pun gak kalah keren 😍.

3. @fictionologyst

Kesan pertama saya saat melihat bookstagram ini meriah dan girly. @fictionologyst konsisten menampilkan buku-bukunya dengan warna latar putih atau warna pastel.

4. @miieruu
foto Instagram @miieruu

Saya suka bunga. Terserah mau bunga asli atau bunga imitasi. Keduanya terlihat cantik. Nah Bookstagram @miieruu kerap menampilkan bunga di antara buku-buku yang ditampilkannya. Selain itu permainan di latarnya pun keren. Saya paling suka yang pake latar merah. Terlihat glamour.

5. @hanabookreview
foto Instagram @hanabookreview

Satu kata yang saya ucapkan dari setiap foto @hanabookreview ini, cantik. Selain review bukunya, saya suka banget melihat tampilan buku dengan latar daun dan rumput kering. Kok bisa bagus ya? Padahal kan saya biasa nemu tumpukan rumput kering macam itu haha... 😅

6. @bookishmommy
foto Instagram @bookishmommy

Saya suka akun ini mungkin karena saya juga kan seorang mommy. Rasanya ada kesamaan status lah hehe...😁 Iya, Bookstagram itu gak cuma bisa dilakuin para lajang kinyis-kinyis saja. Tapi kita pun yang sudah buntutan pengen juga bisa narsis melalui buku. Cuma memang di akun ini, buku dan konsep yang ditampilkannya kebanyakan genre horror. Dia suka banget majang tengkorak kepala, bunga pinus, miniatur mainan labu, bahkan miniatur batu nisan bertuliskan RIP, hiiiy... Tapi oke lah, salut dengan konsistensinya.

Baca juga: Ketika Buku Doa Seumpama Buku Mantra

7. @bookishqueen
foto Instagram @bookishqueen

Ngelihat tampilan akun Bookstagram yang ini membuat dada saya mengembang dan ingin menjerit, kereeen! Melihat buku-bukunya yang disusun di rak berdasarkan warna, terus koleksi funko-nya yang imut dan lucu. Waduuuh... gak nahaan!

8. @epicreads
foto Instagram @epicreads

Foto-foto di @epicreads terlihat apik, jarang ditambahin beragam properti yang bikin gambar terlihat padat. Kalau pun ada paling 1-2 item saja. Kuatnya sih lebih di penataan buku dan latar.

9. @subwaybookreview
foto Instagram @subwaybookreview

Bookstagram @subwaybookreview menampilkan orang-orang yang membawa dan membaca bukunya di subway. Kemudian mereka diminta review atas buku yang dibacanya. Keren lah... di mana sekarang orang banyak menghabiskan waktunya dengan gadget, ini tetap membaca buku. Hasyeek! 👍

10. @hotdudesreading
foto Instagram @hotdudesreading

Akun Bookstagram ini terkenal banget di kalangan bookish. Isinya menampilkan cowok-cowok keren lagi pada baca buku. Ada yang di subway, di taman, di pinggir kolam renang, sampai di trotoar. So cool... #berbisik 😄


Itu dia 5 akun Bookstagram Indonesia dan 5 akun Bookstagram luar. Kreatif-kreatif. Inspirasinya ngalir terus membuat kita gak bosan menikmatinya. Sebetulnya banyak akun Bookstagram lain yang saya follow. Tapi mintanya 10 aja ya kan. Eh, jadi kapan ya Bookstagram saya bisa kayak mereka?

6 komentar:

  1. Aku suka gak ada ide buat foto buku. Akhirnya foto buku ya gitu-gitu aja. Btw...makasih banget rekomendasi bukunya. Siap meluncur...

    BalasHapus
  2. @subwaybookreview kerennn. @hotdudesreading juga ;p
    Keren2 sih semuanya.
    Oiya, gimana dengan @paperfury?

    BalasHapus
  3. Halo, Mbak Yas Marina. Aku baru menemukan artikel ini. Terima kasih sudah memasukkan akun Bookstagramku @sintiawithbooks ke daftar ini. Semoga menginspirasi, ya. Salam kenal. :)

    BalasHapus
  4. Wah terima kasih banyak sudah feature Hana :D

    BalasHapus

Terima kasih ya atas kunjungan dan komentarnya ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...