Senin, 22 Juni 2009

BATITAKU SUDAH BISA MEMBACA!



Kalau kita hendak mengambil sisi positif dari iklan-iklan produk rumah tangga di televisi, iklan-iklan yang merupakan hasil karya para seniman iklan itu memang sudah melewati proses bagaimana supaya menarik perhatian para penontonnya yang jangankan orang dewasa bahkan para balita pun dengan mudahnya menangkap apa yang disampaikan iklan, baik nama produk, lagu, gerakan bintang iklannya dan lain-lain. Hal itulah yang dialami anakku yang baru berumur 2 tahun. Dengan lidah yang masih kelu, dia menyebut nama produk yang diiklankan ketika saya hendak membuang sebuah kemasan kosong bekas pasta gigi.
Aku tanya," mana
pepsodent, de?"
Dia langsung menunjukkan telunjuk mungilnya ke tulisan
Pepsodent yang tertera pada kemasan itu. Lalu aku mengambil kertas dan pinsil, dan kutuliskan kata Pepsodent tersebut di kertas. Kembali aku tanya dia," lihat de? coba baca, ini apa?" sambil kutunjuk tulisan itu.
Kembali dia menjawab, pepsodent. Lalu kucoba menulis merek produk yang lain, seperti Dancow. Dan dia bisa membacanya. Akhirnya kutulis lagi beberapa merek yang lain. Luar biasa, dia bisa menyebutkannya.
Akhirnya aku tanya dia, siapa ini? Sambil tanganku menunjuk diriku sendiri. Dia bilang, Ibu. Lalu aku tulis kata IBU. "Lihat de, baca ini, IBU,"aku tunjukkan tulisan itu ke dia sambil melapalkannya. Dia tertawa dan mengulangi ucapanku, IBU, katanya.
Lalu aku coba dengan kata-kata yang lain yang ada disekitarnya, seperti nama kakaknya, nama stasiun televisi, nama sebuah benda yang sering dia pakai. Ternyata, dia bisa. Ketika keesokan harinya saya tulis lagi, dan saya tanyakan untuk dibaca, dia bisa menjawab.
Sekarang anakku sudah memiliki cukup banyak kosa kata, dan aku yakin dengan kemampuannya membaca lebih awal, dia bisa membuka jendela dunia lebih cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih ya atas kunjungan dan komentarnya ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...