Kamis, 26 Januari 2012

PENULIS CILIK-Menciptakan Karakter Tokoh (Materi 14)


Lanjutan dari Materi 13

Nah, dari cerita satu halamanmu, sudah terbayangkah siapa saja yang akan menjadi tokoh-tokoh utama dalam ceritamu. Tokoh utama adalah karakter-karakter yang akan banyak berperan dalam ceritamu.
Coba tulis, satu persatu tokoh utama yang akan kamu mainkan. Gambarkan karakter dari tiap tokoh itu seunik dan selengkap mungkin. Artinya masing-masing tokoh harus berdiri sendiri, menjadi satu sosok yang utuh yang berbeda dengan tokoh yang lainnya.
Tapi ingat, tokoh utamanya jangan banyak-banyak ya. Kira-kira 3 sampai 5 orang saja. Tokoh-tokoh utama itu terdiri dari tokoh protagonis, tokoh pendukung dan tokoh antagonis.
Tokoh protagonis adalah tokoh yang memilik karakter positif dengan alur cerita dan menyebabkan adanya pergerakan cerita. Tokoh pendukung adalah tokoh yang menguatkan peran tokoh protagonis bermain dalam alur cerita. Sedangkan tokoh antagonis adalah tokoh yang memiliki sifat bersebrangan dengan tokoh protagonis.
Coba kamu lihat contoh daftar tokoh utama beserta karakternya di bawah ini:
Tokoh Protagonis
Nama: Mayana
Umur: 12 tahun
Asal: Kinshasa, Kongo, Afrika
Ciri-ciri: Warna kulit hitam, rambut panjang bergelombang, tinggi 155 cm, paras manis, wajah lonjong, leher jenjang, gigi rapi dan putih.
Karakter: Sederhana, suka pada hewan, pendiam dan cenderung suka melamun
***
Tokoh Pendukung satu
Nama: Justin
Umur: 13 tahun
Asal: New York, Amerika Serikat
Ciri-ciri: Kulit putih bule, rambut coklat acak-acakan, bola mata biru, tinggi 160 cm, paras tampan
Karakter: Baik, suka bercanda tapi serius kalau sedang otak-atik gadget, tidak suka sama orang lelet, penampilan casual
***
Tokoh Pendukung Dua
Nama: Lilian
Umur: 12 tahun
Asal: Singapura
Ciri-ciri: Kulit putih, rambut lurus sepinggang, tinggi 150 cm, paras cantik, muka tirus, gigi gingsul, tubuh langsing, penampilan modis dan penuh aksesoris
Karakter: manja, mudah ngambek tapi sebetulnya baik dan perhatian, selalu rapih dan tidak suka yang jorok-jorok, rajin dan teliti.
Tokoh Antagonis
Nama: Mr. Crock
Umur: 40 tahun
Asal: Meksiko
Ciri-ciri: Kulit putih kemerah-merahan, tinggi 180 cm, rambut hampir botak, muka lonjong, tampang berangasan dan selalu cemberut, kumis dan jenggot merah jarang-jarang.
Karakter: Pemarah, tidak suka anak-anak, kalau tidur suka tengadah sambil mulutnya mangap, selalu memakai pakaian adventure.
Sekarang giliranmu. Bayangkan karakter-karakter tokoh utama yang akan bermain di ceritamu. Untuk menginspirasimu, kamu bisa membayangkan wajah dan karakter orang-orang di sekitarmu, di film-film atau browsing di google gambar. Beri tokoh-tokoh utama itu, nama-nama yang kamu inginkan. Karena, untuk menghidupkan tokoh-tokoh itu kelak di ceritamu, kamu harus mencintai mereka dan merasa dekat dengan mereka.
O,ya FYI (for your information), Husna Salsabila, penulis cilik novel PCPK Petualangan Joanna dan Mysterious Egypt mencari nama-nama tokoh dari iklan film-film di surat kabar lho. Yah, walaupun agak dipleset-plesetin juga sih J.
Kalau kamu sudah menentukan tokoh-tokoh utamamu, bukan berarti tidak ada tokoh yang lain dalam ceritamu ya. Misalnya, di cerita dengan tokoh Mayana di atas, di situ bisa ada tokoh ibunya, pamannya, polisi, dokter dan lain-lain. Tapi, tokoh-tokoh itu hanya sebatas pelengkap saja.
Nah, kalau kamu sudah membuat tokoh-tokoh utamanya, bayangkan kalau dirimu adalah seorang dalang yang menguasai panggung boneka. Kamu akan memainkan boneka-boneka yang sudah kamu beri nama itu melalui cerita karanganmu. Pasti kamu akan membuat cerita semenarik mungkin supaya penonton suka melihatnya.

Berlanjut ke Materi 15

Nggak rugi deh baca buku ini.
Udah gambarnya bagus-bagus.
Ceritanya pun seru dan perlu!

Kisah Seru 25 Nabi dan Rasul, karya Yas Marina
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih ya atas kunjungan dan komentarnya ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...