Kamis, 05 Januari 2012

BERMULA DARI MENULIS DIARI

Kamu suka nulis diari? Hihi… sama dong. Tahu nggak, aku nulis di diari sejak aku umuran SD. Yah, isinya sih, sederhana-sederhana saja. Seperti nulis kegiatan sekolah, biodata diri, biodata teman. Tapi semakin lama, tulisannya berkembang. Pas SMP lebih banyak curhat-curhatnya. Biasalah, anak masuk usia puber. Kalau ngomong ke orang mungkin kan malu ngaku naksir siapa. Nah, pelariannya ke diari deh hehehe…

Karena sudah keenakan mencurahkan segala perasaan ke dalam bentuk tulisan, akhirnya menulis diari berlanjut hingga SMU, kuliah dan berumah tangga. Terakhir, aku merasakan sekali manfaatnya membiasakan diri menulis diari. Sehingga aku pun mendorong anak-anakku untuk memiliki diari dan mengisinya dengan tulisan-tulisan mereka.

Mau tahu manfaat menulis diari bagiku? Ini dia:

  • Selektif dalam berbicara. Ketika hati sedang galau dan perasaan tidak tenang, aku lebih suka mendahulukan diari sebagai tempat curhatku. Sehingga saat aku harus bicara pada seseorang, isi pembicaraanku sudah lebih dulu tersaring. Jadinya, aku tidak asal bicara akibat terbawa emosi.
  • Jiwa lebih sehat. Dengan menuliskan apa yang aku rasakan, beban-beban pikiran dan perasaanku terasa lebih ringan. Hati lebih tenang dan pikiran lebih jernih. Sehingga memudahkan dalam mencari solusi.
  • Berlatih berpikir sistematis. Tulisan biasanya menyuguhkan alur yang teratur. Misalnya kita menceritakan suatu peristiwa dari A sampai Z. Kebiasaan tersebut akan membentuk pola pikir kita lebih teratur dan sistematis.
  • Menambah keterampilan. Secara tidak sadar, kini aku punya kemampuan menulis yang ternyata tidak semua orang memilikinya. Kemampuan menulis merupakan sebuah keterampilan yang bermanfaat karena bisa dijadikan peluang untuk mendapatkan penghasilan.

Alhamdulillah, sampai saat ini aku sudah berhasil membuat lumayan banyak tulisan yang tersebar dalam beberapa buku, majalah dan surat kabar. Dan jangan kaget, anak-anakku pun berhasil menerbitkan buku-buku serta beberapa tulisannya dimuat di majalah. Jadi, jangan menyepelekan kebiasaan menulis di diari ya.

1 komentar:

Terima kasih ya atas kunjungan dan komentarnya ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...