Selasa, 10 Januari 2012

PENULIS CILIK-Membuat Ringkasan Buku (Materi 9)


Lanjutan dari Materi 8

Supaya isi buku yang sudah kamu baca tidak lepas lagi dari ingatanmu, sebaiknya kamu membuat ringkasannya. Kamu bisa mencatatnya di buku catatan kecil kamu atau di buku yang kamu khususkan untuk menuliskan ringkasan-ringkasan bukumu saja.
Apa saja sih yang harus ditulis dalam sebuah ringkasan buku?
Kamu harus bisa menangkap inti bahasan atau inti cerita dari buku yang kamu baca. Selain itu, hal-hal yang menarik dalam buku pun bisa kamu munculkan. Di akhir ringkasan, kamu boleh memberi komentar mengenai kelebihan, kekurangan dan manfaat buku tersebut.

Untuk meringkas buku jenis fiksi seperti novel, kamu bisa mulai dengan menyebutkan nama tokoh tokoh utamanya, watak (karakter) tokoh, tema cerita, latar (setting) cerita, jalan ceritanya secara singkat, hal-hal yang menarik dan pesan yang ingin disampaikan dari cerita tersebut.
Kalau kamu tidak mau ribet dengan pengertian ringkasan buku, untuk tahap awal, tuliskan saja apa yang kamu tangkap dari cerita yang kamu baca. Bayangkan kamu menceritakan kembali isi buku tersebut pada temanmu secara singkat.

Contoh ringkasan buku “Putri Salju”
“Putri Salju [nama tokoh] adalah seorang putri yang manis dan baik hati [karakter]. Dia tinggal di hutan [latar] bersama tujuh kurcaci. Putri Salju dan para kurcaci hidup saling menyayangi.
Putri Salju sebenarnya adalah seorang putri raja yang dibuang ke hutan oleh ibu tirinya [tema]. Ibu tirinya takut kalau Putri Salju menguasai kerajaan. Saat ibu tirinya tahu Putri Salju masih hidup, sang ibu tiri menyamar menjadi seorang nenek-nenek dan memberi apel beracun. Apel beracun itu membuat Putri Salju tertidur dan tidak dapat dibangunkan. Pada akhir cerita, Putri Salju bangun lagi dari tidurnya setelah dikecup oleh seorang pangeran [jalan cerita singkat].
Cerita Putri Salju isi ceritanya lengkap. Ada sedihnya, ada lucunya, ada tegangnya dan ada bahagianya [hal yang menarik]. Dari buku ini kita jadi tahu bahwa kejahatan tidak akan pernah bisa menang untuk selamanya [pesan].”
O, ya di beberapa toko buku, saat ini sudah dijual buku khusus untuk menuliskan ringkasan buku-buku yang sudah kamu baca. Di buku itu, setiap halamannya memuat kolom isian untuk judul, nama penulis, nama penerbit, tahun terbit dan jumlah halaman. Di sisi yang satunya lagi ada kolom isian juga untuk tanggal beli, harga, nama toko buku, tanggal mulai dibaca dan tanggal tamat membaca. Sedangkan di bawah kolom isian, terdapat garis-garis memanjang mirip buku tulis, tempat kamu menuliskan ringkasan isi buku. Lembaran itu dilengkapi pula dengan tempat tanda tanganmu, tanda tangan orang tua atau gurumu dan nama lokasi serta tanggal ditandatanganinya.
 
Contoh lembaran ringkasan buku:
Judul : Tanggal Beli :
Penulis : Harga :
Penerbit : Toko Buku :
Tahun Terbit : Mulai Dibaca Tanggal :
Jumlah Halaman : Selesai Dibaca Tanggal :
Ringkasan :
_________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Orang Tua / Guru …..…., ..………….. 20…..
( ) ( )

Kalau kamu terbiasa membuat ringkasan buku, lambat laun kamu akan bisa meresensi buku. Apa sih resensi itu? Secara sederhana, pengertian meresensi adalah membuat ringkasan isi buku disertai pendapat tentang kelebihan, kekurangan dan harapan peresensi pada buku yang diresensinya.
Kalau kamu terbiasa membuat resensi, secara tidak langsung kamu berlatih menulis juga kan. Dan kalau tulisan resensimu semakin bagus, kamu bisa mengirimnya ke media yang menerima resensi buku, lho. Kalau resensimu dimuat, biasanya kamu berhak mendapat honor.
Salah satu media yang menerima resensi buku anak adalah surat kabar Kompas yang terbit hari minggu (suplemen Kompas Anak).

Di bawah ini adalah contoh resensi buku yang pernah dimuat di Kompas Anak.
Juru Masak Planet Everistone
Judul: Piza Pizi Veronica
Penulis: Maryam Muthmainnah
Penerbit: Lingkar Pena Publishing House
Cetakan: I, April 2010
Tebal: 96 hal
Veron tidak pernah menyangka akan beralih profesi dari seorang pengantar piza menjadi pembuat piza di Planet Everistone. Suatu hari ia diculik oleh makhluk luar angkasa, dibawa ke planet yang hanya berisi batuan dan dihuni berbagai jenis makhluk yang menyeramkan. Veron diangkat menjadi juru masak setelah berhasil membuat piza yang sangat disukai Raja Nafinn, penguasa Planet Everistone.
Di antara para makhluk mengerikan dan menjijikkan itu, ternyata ada dua penghuni Everistone yang berwujud manusia, yaitu Pangeran Pizi sang putra mahkota dan Rob pelayannya. Bersama Pizi, Veron berusaha kembali ke Bumi.
Siapakah sebenarnya Pangeran Pizi dan Rob? Lalu, berhasilkah Veron kembali ke Bumi? Sebuah cerita petualangan yang penuh imaji dengan bahasa yang ringan tetapi seru. Tak hanya menghibur, juga sarat pengetahuan tentang batuan. Buku ini mengajak kita bertualang bersama sang tokoh. Asal tahu saja, buku ini ditulis oleh penulis belia berusia tahun. Hebat ya!
Fransisca Emilia, Balikpapan
Sumber: Kompas Anak, Surat Kabar Kompas 22 Agustus 2010.

Dilanjutkan ke Materi 10

Nah, ini salah satu buku karya Maryam Muthmainnah yang keren abis!
Saking kerennya, sampai masuk nominasi Islamic Book Fair Award 2011 lho...

PCPK Math Garden, karya Maryam Muthmainnah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih ya atas kunjungan dan komentarnya ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...