Senin, 12 Maret 2012

Proses Kreatif Penulisan Novel PCPK Mysterious Egypt


Rencana penulisan cerita bersetting Mesir ini sudah Husna canangkan bahkan sejak Petualangan Joanna masih dalam tahap penerbitan. Waktu itu Husna sedang keranjingan browsing tentang mumi. Jadi dia pengeeen banget bikin cerita tentang mumi tersebut.

Dengan menimbang-nimbang akhirnya aku membelikan dia ensiklopedi khusus mumi sebagai bahan referensinya biar gambar-gambarnya jelas dan datanya akurat. Bagiku cukup mahal juga sih. Tapi, gapapalah kan ntar lahirnya buku juga kan... :D

Husna memulai setting penulisan terinspirasi dari liburan di rumah neneknya di Purwakarta. Saat di Purwakarta itu kebetulan ada pasar malam dan ada komidi putarnya. Maka, dimulailah petualangannya dari komidi putar pasar malam.

Naskah Mysterious Egypt gak lancar begitu saja. Sangat...sangat tersendat-sendat. Husna baru pede menyelesaikan dua bab saja. Yang lainnya masih dalam bentuk rancangan. Sampai ketika Mbak Icha, editor dari Lingkar Pena nanyain, naskahnya nggak maju-maju.

Tapi, kalau namanya ditanyain tentu jadi merasa ada kepastiankan...hehehe... Akhirnya aku membantu dia browsing mencari data. Semua data tentang Mesir dikumpulkan sampai membaca peta untuk menentukan lokasi kejadian. Setelah itu dipilih mana yang akan di ambil dan mana yang akan dibuang.

Nah, karena alur ceritanya sudah dibuat terlebih dahulu. Jadi, data-data itu tinggal dimasukkan. Namun, dari semua itu, yang diluar rencana adalah bab-bab akhir. Mysterious Egypt ditutup dengan kenyataan bahwa para pelakunya yang warga Inggris itu ternyata orang-orang muslim. Ouwh, so sweet...

Eh, kok jadi ngebocorin sih? Hehehe... gapapa, bagi pengunjung dan pembaca blog ini, special for you. So, tunggu apa lagi. Kamu baca deh bukunya. Asyik banget petualangannya!

Sinopsis novel PCPK Mysterious Egypt bisa dibaca di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih ya atas kunjungan dan komentarnya ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...