Kamis, 29 November 2018

5 Buku Islam untuk Anak dan Remaja


Sebelumnya saya mau minta maaf dulu terhadap pengunjung tulisan ini karena 3 dari 5 buku yang akan saya rekomendasikan adalah buku tulisan saya sendiri (#tutup muka 🙈). Tidak sedikit pun saya ingin mendapatkan pujian 🙏. 


Saat saya menulis buku-buku ini yang terbayang oleh saya adalah setelah para pembaca cilik itu selesai membaca buku yang saya tulis, lalu mereka merasa mendapatkan sesuatu. Berkesan, hingga ingatannya terbawa sampai dewasa kelak. 

Karena isinya bersumber dari Al Quran dan hadits, saya yakin isinya bermanfaat bagi kehidupan mereka kini hingga dewasa nanti. Jadi dengan review ini saya berharap mudah-mudahan manfaatnya bisa sampai juga pada para pembaca cilik di lingkungan teman-teman. Bisa anak, keponakan atau mungkin cucu

Nah, jika teman-teman berkenan, silakan lanjut baca ya.

1. Kisah Seru 25 Nabi dan Rasul (Yas Marina, Penerbit Salamadani)

Buku ini terbit pertama kali (kalau gak salah) bulan april 2013. Sampai sekarang dicetak terus oleh penerbitnya hingga sudah masuk cetakan ke-5. Penjualan buku ini memang luar biasa yang berarti diterima dengan sangat baik oleh masyarakat luas. Sampai saya pernah melihat ada masjid di rest area jalan tol Cipularang yang mengkoleksi buku ini di perpustakaan masjidnya hingga sekitar 10 eksemplar. Saya juga pernah mengunjungi beberapa sekolah dasar dan hasilnya di setiap sekolah pasti ada saja muridnya yang memiliki buku ini. Alhamdulillah di tahun 2014, buku Kisah Seru 25 Nabi dan Rasul mendapatkan penghargaan di ajang Islamic Book Award sebagai buku cerita anak Islam terbaik dan ilustrasi terbaik.
Piagam Penghargaan Buku Anak Islam dengan Ilustrasi Terbaik

Baca juga: Kisah Seru 25 Nabi dan Rasul, Terbit!

Selain gambarnya menarik, gaya penceritaannya pun dibuat menarik. Jadi alur ceritanya tidak menceritakan kisah nabi dari A-Z. Tapi dimulai dari suatu peristiwa yang paling seru dari kisah nabi tersebut. Tujuannya untuk menarik perhatian anak supaya terus melanjutkan bacaanya. Barulah setelah itu diceritakan hal-hal lainnya. Oleh karenanya, judulnya pun diawali dengan kata ‘Kisah Seru’.
Salah satu ilustrasi di buku Kisah Seru 25 Nabi dan Rasul
Buku ini cocok dibaca oleh anak usia SD kelas atas (4-6) dan SMP. Sedangkan untuk anak yang berusia di bawahnya mungkin bisa diceritakan kembali oleh ayah bundanya dengan bahasa yang lebih mudah dipahami.
Buku Kisah Seru 25 Nabi dan Rasul banyak dijual di Tokopedia

Oya, bagi teman-teman yang berminat membeli buku ini silakan dicari di Tokopedia. Banyak kok lapak buku yang jual.

2. Rasulullah Saw. is The Best (Yas Marina, Penerbit DAR Mizan)

Buku Rasulullah Saw. is The Best terbit pertama kali pada bulan oktober 2013. Ternyata telah dicetak ulang kembali bulan maret 2018 kemarin. Selain diterbitkan di Indonesia, buku ini pun diterbitkan pula di Malaysia dan menjadi koleksi perpustakaan negeri di Malaysia dan Singapura. Alhamdulillah di Malaysia buku ini mendapatkan penghargaan dalam ajang ‘Anugerah Cerita Islamik Terbaik’.
Buku Rasullullah saw. is The Best Edisi Indonesia dan Malaysia

Baca juga: Rasulullah Saw. is The Best, Kumpulan Kisah Nabi Muhammad SAW berdasarkan 4 Sifat Wajib

Buku Rasulullah saw. is The Best berisi cuplikan kisah-kisah Rasulullah Muhammad saw. yang diurutkan sesuai dengan 4 Sifat Wajib Bagi Rasul (Shidiq, Amanah, Fathanah, Tabligh). Jadi dengan membaca buku ini, kita jadi tahu Rasulullah menunjukan sifat shidiqnya pas kejadian apa? Sifat amanahnya saat peristiwa apa? Fathanahnya ketika bagaimana? Tablighnya kapan?
Isi buku Rasulullah Saw. is The Best ada lembaran aktivitasnya juga

Karena buku ini ditujukan untuk anak-anak maka ceritanya pun hanya cerita-cerita pendek saja. Dengan harapan mudah dipahami dan bisa terekam di benak anak-anak hingga terasa berkesan sampai dewasa nanti.

Karena buku cetakan pertama ini terbit sudah lumayan lama jadi sekarang sudah tidak ada lagi di toko buku. Kemarin saya mendapatkan cetakan ke-2 pun di pameran buku yang diselenggarakan oleh penerbit. Even organizer-nya bernama OOTB (Out of The Boox). Menurut panitia even tersebut, buku-buku yang dijual di sana hanya untuk even pameran. Jadi, buku saya pun dicetak ulang dengan tujuan dijual di pameran. Namun jika teman-teman berminat, silakan menanyakan ke adminnya dengan Whatsapp 0821-1888-4788. WA-nya aktif kok.

3. 15 Cerita Ajaib dalam Al Quran (Dewi Yasmarina, Penerbit DAR Mizan)

Ini buku terbaru saya yang baru terbit pada bulan november 2017. Sudah setahunan sih ya. Kemarin-kemarin masih ada di Gramedia. Kalau pun tidak ada, teman-teman masih bisa membelinya di toko-toko buku online semacam Gramedia.com, Mizanstore, bukabuku, bukukita, tokopedia, bukalapak, dan lain-lain.
Buku ini menceritakan kembali kisah-kisah yang Allah cantumkan di Al Quran. Dengan membaca buku ini, secara tidak langsung anak-anak telah mempelajari isi Al Quran. Jika kita meyakini kebenaran isi Al Quran, maka semenakjubkan apapun kisah dalam Al Quran maka kita meyakini bahwa kisah itu pasti benar adanya pernah terjadi. Keajaiban kisahnya menunjukkan kekuasaan Allah swt.
Ilustrasi cerita Ashabul Kahfi di Buku 15 Cerita Ajaib dalam Al Quran

Kisah-kisah di dalamnya antara lain Sapi Betina, Nabi Musa dan Nabi Khidir, Harta Qarun, Jenderal Thalut, Nabi Uzair, Zulqarnain dan Yakjuj Makjuj, Ashabul Kahfi, Ashabul Ukhdud, Isra Mi’raj, dan lain-lain. Teman-teman pernah dengar cerita-cerita ini? Bagaimana ajaibnya Ashabul Kahfi yang tertidur hingga 309 tahun? Dan itu nyata. Sampai sekarang gua tempat para pemuda ashabul kahfi tertidur pun dijadikan situs bersejarah oleh pemerintah setempat. Itu baru satu cerita, belum yang lainnya. Teman-teman bisa lihat review versi youtubenya di sini:


4. Udah Putusin Aja! (Felix Siauw, Penerbit Mizania)

Buku ini saya beli saat anak-anak mulai menginjak remaja. Bagi saya, setiap manusia memiki rasa suka pada lawan jenis itu sesuatu yang normal. Dan itu biasa mulai terjadi di usia remaja. Saya berharap buku ini dapat memandu para remaja bagaimana seharusnya mengelola perasaan dan bersikap saat mereka merasa tertarik kepada lawan jenisnya.

Buku bersampul pink ini berisi uraian nasihat yang disampaikan dengan cantik, penuh warna dan ilustrasi. Menurut saya, sangat sesuai dengan gaya remaja. Uraiannya tidak panjang-panjang yang bakal bikin remaja bosan. Namun berupa argumentasi-argumentasi dari berbagai pertanyaan yang biasa hinggap di benak remaja disertai ilustrasi-ilustrasi lucu yang bikin kita tertawa.

Menurut saya, buku ini benar-benar keren! Saya lihat di impresium-nya tertulis cetakan pertama terbit bulan februari 2013. Daan... pada bulan juli 2013 sudah sampai cetakan VIII. Luar biasa keren!

5. Muhammad Series (Tasaro G.K., Penerbit Bentang Pustaka)

Siapa yang punya anak remaja suka baca? Jika ada, sukakah mereka membaca kisah Rasulullah saw? Jika tidak, cobalah tawari buku ini. Kalau selama ini buku kisah Rasulullah saw. yang kita temukan hanya untuk anak-anak usia SD yang bahasanya terlalu ringan dan sangat kanak-kanak atau untuk orang dewasa dengan bahasa yang berat dan bikin ngantuk, maka buku ini beda. Buku ini menceritakan kisah Rasulullah Saw. dan bahkan khulafaur rasyidinnya juga dengan gaya penulisan sebuah novel. Singkatnya, buku ini disampaikan dengan asyik.

Jika para ABG biasa membaca buku semacam Serial Harry Potter, Serial Hunger Games, Serial Percy Jackson yang tebal dan berseri-seri, maka mungkin mereka tidak keberatan juga membaca Serial Muhammad ini. Serial? Ya buku ini terdiri dari 4 jilid yang super tebal. Bagi remaja yang gila baca, cukuplah buku-buku ini untuk bekal liburannya.

Saran saya, jika para remajamu sudah membaca buku ini, ajaklah mereka berdiskusi supaya dapat menyerap makna dan hikmah dari kisah-kisah tersebut untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Karena pada usia remaja, mereka sudah cukup usia, bisa menyelami sesuatu lebih dalam dengan cara berdiskusi. Aktivitas diskusi ini juga akan membangun kedekatan hubungan dengan anak-anak remaja kita. Alhamdulillah, ABG-ABG saya pun sudah membaca buku-buku ini.


Demikianlah buku-buku anak dan remaja yang saya rekomendasikan untuk teman-teman. Semoga dapat bermanfaat dalam memberi bekal kebaikan untuk anak-anak kita.

8 komentar:

  1. Keren Keren bukunya ah cukup masa kecil saya aja yang enggak deket sama buku buku hehehe

    BalasHapus
  2. Keren tetehhh
    Bisa beli via online y nggak teh
    Selamat y teh
    Moga2 makin suksess

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kok di Tokopedia, Mizanstore, Gramedia.com, dan lain-lain. Makasih ya.

      Hapus
  3. Senang bisa mengenal mbak Yas, walau hanya di dunia maya. Karya-karyanya hebat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah atas pertolongan Allah, Mba. Saya juga senang bisa kenal Mba Nur Rochma.

      Hapus
  4. Tertarik banget sama buku yg pertama, kisah nabi dan rasul. Bisa buat belajar bercerita sebelum punya anak beneran nantinya. Makasi rekomendasinya mbak, Salam kenal ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga Mba Uphiet. Iya Mba banyak yang suka kok sama buku itu.

      Hapus

Terima kasih ya atas kunjungan dan komentarnya ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...